Nutrisi Ikan Kembung Ternyata Lebih Tinggi Dari Ikan Salmon

Foto: Istimewa

Yakin sudah tahu Ikan Salmon atau Salmonide, yaitu ikan yang hidup di daerah dingin Samudera Atlantik dan sebagian Samudera Pasifik. Ikan Salmon lahir di air tawar, kemudian bermigrasi ke laut hingga besar. Ketika akan bertelur, Ikan Salmon mencari air tawar.

Ikan Salmon terkenal dengan nutrisinya yang tinggi. Tidak heran, harganya mahal. Di sejumlah super market di Indonesia, daging Ikan Salmon (filet) berharga Rp300.000-Rp400.000 per Kg. Harga ikan yang begitu mahal itu dilandasi keyakinan Ikan Salmon memiliki kandungan tinggi Omega 3 yang berfungsi untuk meregenerasi sel, terutama sel otak.

Tetapi nanti dulu. Ikan Kembung yang hidup di permukaan air laut (pelagis) dan melimpah di Indonesia, tidak kalah dengan Ikan Salmon. Hampir semua nutrisi yang ada di Ikan Salmon, Ikan Kembung memilikinya. Bahkan Ikan Kembung memiliki kelebihan dibandingkan Ikan Salmon dalam kandungan Omega 3, Protein dan zat besi. Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian dari sejumlah lembaga seperti Universitas Indonesia, Direktora Gizi Kementrian Kesehatan dan sejumlah lembaga penelitian perikanan lainnya.

Padahal harga Ikan Kembung jauh lebih murah dibandingkan dengan harga Ikan Salmon. Pada awal April 2018, harga Ikan Kembung di tingkat eceran (konsumen) sekitar Rp30.000-Rp40.000 per Kg. Bandingkan dengan harga Ikan Salmon yang diimpor mencapai Rp300.000-Rp400.000 per Kg (filet).

Berikut perbandingan kandungan nutrisi Ikan Kembung dan Ikan Salmon Per 100 gram

IKAN KEMBUNG IKAN SALMON
Omega 3 2,6 gr Omega 3 1,4 gr
Lemak 2,3 gr Lemak 3,45 gr
Kolestrol 33 mg Kolestrol 52 mg
Protein 21,4 mg Protein 19,9 mg
Zat Besi 0,9 mg Zat Besi 0,7 mg

Penelitian IPB Tahun 2004

Dengan nutrisi yang tidak kalah dari Ikan Salmon, Ikan Kembung bisa menjadikan santapan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi, bagi masyarakat Indonesia, Ikan Kembung merupakan makanan yang memang paling laku di kalangan ibu-ibu rumah tangga, dibandingkan ikan-ikan lain yang bertubuh besar.

Pengolahan Ikan Kembung tidak berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Setelah dibersihkan isi perut dan insang, dicuci bersih. Ikan Kembung bisa untuk dijadikan ikan goreng atau dibakar dan dimakan dengan sambal khusus atau sekadar saus kecap ditambah bawang berah, bawah putih dan cabe rawit. Atau Ikan Kembung bisa diolah menjadi berkuah seperti Ikan Kembung asam pedas, kuah kuning dan sebagainya.

Bagi Anda yang membutuhkan Ikan Kembung segar untuk diolah menjadi masakan yang lezat, silahkan pesan di web IkanBanten.Com atau hubungi WA 081291606150. Anda yang berlokasi di Kota Serang, Provinsi Banten, pesanan bisa diantar ke tempat dan pembayaran bsai Cash On Delevery (COD) alias bayar di tempat. (Redaksi IkanBanten.Com)

Berita Terkait