Cek Kesiapan Angkutan Lebaran, Menhub Kunjungi Merak dan Bakahuni

Foto: Kementrian Perhubungan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meninjau Pelabuhan Penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauhuni (Lampung), Sabtu (2/6/2018) untuk mengetahui kesiapan angkutan Lebaran 2018.

Saat di Pelabuhan Merak, Menhub meminta Wakapolda Banten, Kombes Pol Thomex Kurniawan meningkatkan pengamanan dalam masa angkutan lebaran. Hal serupa dikemukakan Menhub saat berada di Pelabuhan Bakauhuni yang ditemani Kapolres Lampung Selatan.

“Tadi saya di Pelabuhan Bakauheni, sudah minta bantuan Kapolres untuk mengampanyekan pengamanan lintas timur. Artinya kalau lintas timur itu bisa dikendalikan dengan baik, tidak masalah pagi atau malam orang datang dari Pelabuhan Merak. Saya minta juga pada Wakapolda Banten untuk koordinasi dengan Kapolres Lampung Selatan agar kita dapat lakukan pengamanan dengan baik,” kata Menhub Budi.

Selain membahas tentang pengamanan, Menteri Perhubungan juga meminta kepada PT ASDP untuk membuka lebih banyak dermaga yang akan digunakan oleh pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor itu 60 persen dari total penumpang, nah itu akan menimbulkan potensi karena jumlah penumpang yang menggunakan sepeda motor akan meningkat. Oleh karenanya saya minta kepada PT ASDP cabang Pelabuhan Bakauheni untuk menyediakan bukan hanya dermaga 7 tetapi juga dermaga yang paling dekat dengan dermaga 1,” ujar Menhub.

Baca: Dampak Erupsi Gunung Merapi, Penerbangan Lion Air Group Terganggu Dari dan Ke Semarang/Solo

“Di Pelabuhan Merak kita akan mengendalikan penumpang yang mengendarai sepeda motor, kita arahkan di dermaga 6. Tetapi kalau di dermaga 6 sendiri tidak muat, Polri akan membantu untuk disalurkan ke gate yang lain. Itu yang sudah disepakati,” tambah Menhub.

Himbauan kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan kapal untuk memanfaatkan fasilitas secara online juga disampaikan oleh Menteri Perhubungan. “Saya himbau untuk gunakan fasilitas online. Sekarang ini occupancy nya baru kurang dari 5%, saya minta PT ASDP untuk melakukan sosialisasi. Dirut PT ASDP akan menyediakan dua motor untuk hadiah yang menggunakan fasilitas online, nanti akan diundi. Pakai online pasti enak dan aplikasinya gampang sekali,” jelas Menhub Budi.

Menhub kemudian mengapresiasi koordinasi yang dilakukan terkait mudik lebaran pada tahun ini lebih padu, dengan detail perencanaan dan pola pengaturan yang lebih baik dari tahun lalu.

“Tahun ini koordinasinya lebih padu, pola pengaturannya lebih oke. Saya gembira sekali antara POLRI, TNI, PT ASDP dan KSOP itu kompak. PT ASDP membuat perencanaan yang detail dan koordinasi dengan Dishub & KSOP terjalin dengan baik,” tutup Menhub Budi.

Dalam kunjungannya, Menteri Perhubungan didampingi oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi. (Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementrian Perhubungan RI)

Berita Terkait