Covid 19 Pusat: Banten Zona Orange, Banten Klaim Warna Kuning?

covid 19 banten
covid 19 banten

Berbeda dengan klaim Gugus Tugas Covid 19 Banten, ternyata zona resiko Covid-19 di Provinsi Banten berwarna orange, hanya Kota Serang yang berwarna kuning. Demikian peta yang termuat dalam web Covid-19 yang dikutip MediaBanten.Com, Kamis (9/7/2020).

Sebelum klaim Gugus Tugas Covid 19 Banten, zona resiko penularan itu terdiri dari zona merah yang meliputi Tangerang Raya dan Kabupaten Serang. Tangerang Raya terdiri dari Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Sedangkan zona orange terdiri dari Kota Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Pandeglang. Di Banten tidak terdapat zona berwarna hijau dan kuning.

Peta zona berwarna orange sebagai daerah yang memiliki resiko penularan sedang. Resiko penularan sedang itu dengan persentase 35,02 persen kemungkinan. Perhitungan ini berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan.

Indikator-indikator yang digunakan antara lain indikator epidemilogi, indikator surveilans dan indikator pelayanan kesehatan.

Banten Zona Kuning
Peta zonasi resiko penularan di Banten berwarna kuning. (Foto: Pemprov Banten)

Bulan Juni

Ati Pramudji Hastuti, Juru Bicara Covid 19 Banten mengatakan, data yang dikirim itu merupakan bulan Juni 2020. “Itu waktu bulan Juni. Untuk saat ini BNPB sudah menjadikan Prov Banten sebagai zona kuning,” kata Ati.

Sedangkan Eneng Nurcahyati, Kadis Kominfo Banten membalas, akan meneruskan pertanyaan itu ke Dinkes.

Menurut web Covid-19 Pusat, hingga 8 Juli jumlah pasien terkonfirmasi atau positif di Banten tercatat 1.525 orang. Di antaranya 50 orang tidak memiliki tanggal lapor. Jumlah ini merupakan 2,2% dari jumlah pasien positif nasional 68.079 pasien.

Sedangkan data di infocorona.bantenprov.go.id sangat berbeda jauh. Per tanggal 8 Juli 2020, pukul 18.00 WIB, tercatat pasien positif berjumlah 1.389 orang. Rinciannya, 88 pasien meninggal, 261 pasien masih dirawat dan 1.040 pasien dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, Seluruh wilayah di Banten telah menjadi zona kuning dalam satu hari, Rabu (8/7/2020). Padahal Selasa, 07 Juli 2020, empat kabupaten dan kota di Banten masih merah. Kemudian empat daerah lainnya masih orange. hari ini Rabu telah menjadi zona kuning (Baca: Hanya Sehari, Seluruh Banten Zona Kuning Covid 19, Tak Ada Merah).

Hal ini berdasarkan laporan data yang dibagikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Banten, Ati Pramudji, di group WhatsApp Info Covid-19 Banten.

Pada Selasa, 07 Juli 2020, wilayah Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, Kota Tangerang dan Kota Tangsel, masuk ke dalam zona merah penyebaran covid-19. Kemudian wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Serang dan Kota Cilegon, masuk ke zona orange. Namun hari ini, Rabu 08 Juli 2020, semuanya menjadi zona kuning. (IN Rosyadi)

Berita Terkait