Militer

Danmenkav 2 Mar Tinjau Prajurit Lapis Baja Latihan Aspek Darat

Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar), Kolonel Marinir Kakung Priyambodo, memotivasi dan meninjau profesionalisme Prajurit Lapis Baja yang melaksanakan Latihan TW II Aspek Darat di Puslatpurmar 5 Baluran Karangtekok, Situbondo, Kamis (23/06/2022).

Dalam kunjungan ini, Danmenkav 2 Marinir diterima oleh Komandan Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi (Yonranratfib 2 Mar) Letkol Marinir Kuswandi, sebagai Palaklat,

Turun mendampingi adalah Danyontankfib 2 Mar Letkol Marinir M. Isarisnawan serta Danyonkapa 2 Mar Letkol Mar Yudha Fahruliyan dan perwira tergabung dalam latihan tempur.

Program latihan dan peninjauan ini merupakan aplikasi Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono untuk membangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Prioritas KASAL untuk meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

“Kepada seluruh prajurit Lapis Baja yang tangguh dan cakap dalam penguasaan materi taktik kendaraan tempur (Ranpur),” kata Danmenkav 2 Mar.

Dia juga berpesan agar prajurit harus mampu menjaga profesionalisme prajurit, bertanggungjawab sesuai orgas tempur dan mengaplikasikan materi latihan dalam mengoperasi taktik operasi darat, baik secara teknis maupun taktis. Sehingga strategi latihan dapat berjalan sesuai skenario yang terencana dengan baik.

“Prajurit Kavaleri Korps Marinir, dalam latihan agar selalu semangat berlatih dengan sungguh-sungguh dan mengutamakan keselamatan baik material maupun personel serta selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga latihan ini mendapatkan hasil yang maksimal,” tambahnya.

Sebelumnya, Resimen Kavaleri (Menkav) 2 Marinir melaksanakan latihan TW II aspek darat materi Latihan Perorangan Dasar selama 10 hari di Puslatpurmar 5 Baluran, Karangketok, Situbondo, Sabtu (18/6/2022). Latihan ini diikuti perwira, bintara dan tamtama.

Kegiatan Latihan Perorangan tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan sekaligus untuk mengetahui tingkat kemampuan dan keterampilan perorangan yang harus dikuasai setiap prajurit sesuai tingkat kecakapan dalam BPUP (Buku Pedoman Umum Prajurit).

Materi yang diberikan dalam latihan tersebut merupakan materi dasar antara lain, Gerper (merayap tali, merangkak dan berguling), Intelpur (Sanjak), keterampilan samaran dan Booby Trap.

“Prajurit Resimen Kavaleri Ikuti latihan secara profesional sesuai dengan petunjuk buku latihan dan serap semua materi yang diberikan oleh pelatih maupun instruktur, sehingga dapat diimplementasikan saat dilapangkan nanti,” pesan Letkol Mar Kuswandi, Palaklat.

Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir Kolonel Marinir Kakung Priyambodo menekankan agar seluruh unsur yang terlibat mengutamakan keselaman, berpedoman pada buku umum prajurit dan tingkatkan insting bertempur prajurit Korps Marinir. (Munawir – Menkav 2 Mar /Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button