Danyonkes 2 Mar Siagakan Pasukan Reaksi Cepat Atasi Bencana

Komandan Batalyon Kesehatan 2 Marinir (Danyonkes 2 Mar) Mayor Laut (K) dr. Abdul Haris menyiapkan Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCB) Menbanpur 2 Mar di Lapangan Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra, Surabaya, Rabu (1/1/2020).

Danyonkes 2 Mar adalah Komandan Satuan Setingkat Batalyon Penanggulangan Bencana Alam (Dan SSY PBA).

Danyonkes 2 Mar menjelaskan, saat ini hampir seluruh wilayah Indonesia sudah masuk ke musim penghujan. Berdasarkan data kejadian bencana alam yang terjadi tahun-tahun sebelumnya menunjukkaN, sejumlah daerah sangat rawan terhadap bencana alam baik banjir, tanah longsor, petir, gempa bumi maupun tsunami.

Bencana tersebut akan berdampak pada kondisi infrastruktur, perekonomian, gejolak sosial dan juga secara psikologis terhadap masyarakat.

Lebih lanjut Danyonkes 2 Mar menyampaikan, maka dipandang perlu melaksanakan pengecekan kesiapan personel maupun material dalam bertindak apabila sewaktu-waktu terjadi musibah bencana alam, serta prosedur koordinasi dengan institusi lain di lapangan seperti TNI, Polri, BPBD, SAR dan yang lainnya. (yosafat/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait