Dermaga Eksekutif di Pelabuhan Merak Layani Pemudik Lebaran 2019

Pelabuhan Merak akan mengoperasikan untuk pertama kalinya dermaga VI khusus untuk kelas eksekutif pada Lebaran 2019. Kapal eksekutif yang tersedia saat ini ada empat armada, rencanannya akan ada penambahan satu armada lagi di tahun ini.

Dermaga eksekutif ini merupakan kesatuan dari dermaga eksekutif yang diresmikan Presiden RI, Joko Widodo pada awal April 2019 di Penyeberangan Bakauhuni, Lampung. Dermaga eksekutif di Bakauhuni diberi nama Anjungan Agung yang merupakan rumah adat Lampung yang bermaka rumah besar atau agung.

Sedangkan dermaga eksekutif di Merak diberi nama Sosoro yang diambil dari nama rumah adat Baduy. Sosoro berarti rumah besar yang merupakan rumah besar tempat bersantai atau bermusyawarah.

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Utama Pelabuhan Merak, Solikin, menuturkan dermaga eksekutif sudah beroperasi pada Ramadhan tahun lalu. Namun peruntukannya saat itu dikhususkan untuk seluruh pemudik pengendara sepeda motor.

Baca: Harga Pangan di Banten Naik Jelang Bulan Puasa

“Sehingga ada tujuh dermaga yang siap untuk dioperasikan. Semua akan kita layani dengan maksimal, baik di reguler I, II, III, IV dan V, sampai VII,” kata dia, seperti dikutip MediaBanten.Com dari republika.co.id.

Untuk tarif kapal eksekutif, penumpang dewasa dikenakan Rp 50 ribu dan anak Rp 34 ribu. Bagi kendaraan roda dua bertenaga 500 cc ke bawah (golongan II), dikenakan tarif Rp 88 ribu, dan 500 cc ke atas (golongan III) Rp 147 ribu.

Sedangkan mobil pribadi dikenakan Rp 579 ribu dan mobil barang atau pick up Rp 385 ribu. Kedua jenis mobil termasuk golongan IV. Untuk bus sedang dan kendaraan barang (golongan V), dikenakan tarif masing-masing senilai Rp 1,019 juta dan Rp 687 ribu. Semua tarif tersebut dihitung per kendaraan.

Ada 4 armada kapal eksekutif yang tersedia, yaitu KMP Sebuku, KMP Batumandi, KMP Portlink dan KMP Portlink III. Kemudian pada tahun ini ada penambahan satu armada kapal bernama KMP Jatra 3.

“Fasilitas kita jamin semuanya siap digunakan dan dilayani oleh tenaga-tenaga yang profesional di bidangnya, baik kebersihan toilet, loket, dan juga sisi keamanan yang berlapis,” katanya. (IN Rosyadi)

Berita Terkait