Dandim Serang Tinjau Lokasi Banjir di Serang Timur

Bencana banjir yang menerjang beberapa tempat di wilayah Serang Timur merendam ratusan rumah warga, Sabtu (1/2/2020). Tingginya air mengakibatkan ratusan warga terpaksa dievakuasi Tim Satgas Bencana Polres Serang dan Kodim 0602 ke lokasi pengungsian di antaranya tempat ibadah dan balai desa.

Untuk mengetahui langsung kondisi serta para korban banjir, Komandan Kodim 0602 Serang Kolonel Inf. Mudjiharto dan Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan. Dalam kunjungannya tersebut, dua pimpinan TNI Polri di Kabupaten Serang sempat ikut membantu membuat tanggul karung berisi tanah dan pasir sebagai penahan air.

“Bersama Pak Kapolres, kami berusaha membantu para personil dalam menanggulangi agar banjir segera surut. Tanggul-tanggul karung berisi pasir dan tanah berfungsi meminimalisir banjir jika hujan kembali turun,” ungkap Kolonel Inf Mudjiharto kepada wartawan.

Dalam kunjungannya ke lokasi banjir, kata Dandim, Kodim dan Polres Serang juga memberikan bantuan bahan makanan dan air mineral. Dandim berharap bantuan tersebut dapat dipergunakan agar dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

“Kami berharap bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir,” ucap Dandim.

Sementara itu, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan mengatakan banjir yang menggenangi pemukiman warga, menunjukkan sistem drainase masih buruk dan tidak berfungsi optimal karena tidak mampu menampung luapan air hujan. Kapolres berharap seluruh drainase segera diperbaiki agar tidak lagi banjir.

“Kami sudah sampaikan kepada masyarakat maupun pihak pengembang perumahan untuk segera membuat drainase, agar tidak lagi terjadi banjir,” ungkapnya.

Kapolres menambahkan untuk menanggulangi korban banjir, pihaknya bersama TNI dan Pemkab Serang telah mendirikan posko kesehatan serta dapur umum. Bagitupun, warga-warga yang membutuhkan evakuasi telah dilakukan dengan menggunakan perahu karet ke tempat-tempat yang aman yang telah disiapkan. Kapolres juga memastikan, kondisi para korban banjir dalam keadaan baik.

“Langkah strategis lainnya yang dilakukan, menempatkan personil di sejumlah titik untuk memantau perkembangan serta antisipasi banjir susulan serta adanya tindak kejahatan penjarahan,” tandasnya. (yono)

Berita Terkait