Dinilai Boros BBM, KM Banawa 75 Akan Dikembalikan Ke Kemenhub

Awalnya, kedatangan Kapal Motor (KM) Banawa Nusantara 75 bantuan Kementrian Perhubungan RI ke Kota Serang, disambut dengan pujian sebagai bentuk perhatian permerintah pusat. Kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang berencana mengembalikan kapal yang berbobot 33 GT.

“Kapal hibah di Kota Serang itu kurang efektif. Dalam penggunaan BBM-nya boros, karena kapasitas mesinnya besar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang, Jhoni Manahan saat ditemui di Puspemkot Kota Serang, KSB, Kota Serang, Senin (20/7/2020).

Jhoni mengungkapkan, kondisi Kapal masih belum memungkinkan untuk digunakan di Kota Serang. Karena kapal ini seharusnya digunakan di perairan laut dalam. Selain itu, kendala lain yakni daya konsumsi bahan bakar Kapal yang besar hingga mencapai 33 GT. Kata dia, untuk di Kota Serang biasanya hanya menggunakan Kapal dengan kapasitas 10-15 GT.

Menurutnya, ketika dikelola secara profesional maka hitungannya diyakini merugi. Karena untuk rute ke Pulau Panjang dan Pulau Tunda penumpangnya masih terbatas. Sementara dengan kapasitas mesin besar, dalam satu jam bisa sampai menyedot 50 liter solar.

Baca:

Pulau Panjang

“Ke Pulau Panjang itu memakan waktu 2 jam. Jadi 100 liter solar. Dikali Rp 10ribu aja itu udah satu juta. Sementara ke Pulau Panjang itu sehari cuma dua kali, itu kalau dapat penumpang maksimal 30 orang, dikali ongkos per orang cuma Rp 20ribu. Jadi cuma dapat Rp 600ribu, ya nombok,” jelasnya.

Diketahui Kapal KM Banawa Nusantara 75 dihibahkan oleh Dirjen Perhubungan Kementrian Perhubungan RI ke Pemkot Serang pada 23 Desember 2019. Rencananya, Kapal itu akan digunakan mengangkut penumpang dari Karangantu, Kecamatan Kasemen menuju Pulau Panjang dan Pulau Tunda atau sebaliknya.

Awalnya kapal itu digadang-gadang akan sangat membantu perekonomian masyarakat Kota Serang. Bahkan sambutan baik pun diberikan Walikota Serang Syafrudin, karena dianggap sebagi bentuk perhatian dari Kementrian Perhubungan. (Sofi Mahalali)

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Sofi Mahalali

Next Post

Buruh ASPSB Banten Demo Tolak RUU Omnibus Law

Sel Jul 21 , 2020
Ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (ASPSB) Banten menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Banten, Selasa (21/7/2020). Massa mendesak DPRD untuk menolak Rancangan Undang-undang (RUU) Omnibus Law klaster ketenagakerjaan. Sekretaris Wilayah (Sekwil) ASPSB Banten, Saparudin mengatakan, pihaknya meminta lembaga legislatif Provinsi Banten untuk mengeluarkan surat […]
Buruh Demo
Kabidhubla Dishub Kota Serang Soal KM Banawa 75