Aplikasi & OSHukum

Dinilai Tendesius, Lion Air Laporkan 2 Akun IG Ke Polri

Lion Air (JT) melaporkan akun IG atau Instagram LMP @lelahmiskinprject dan akun @ramdanalamsyah.id ke Bareskrim Polri, karena unggahan video yang dinilai menyesatkan, tendensius dan mencemarkan nama baik perusahaan.

Demikian dikemukakan Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam riis yang dikutip MediaBanten.Com, Selasa (1/11/2022).

Unggahan video itu di akun IG LMP berjudul Ngintip Lion di Udara. Sedangkan unggahan akun ramdanlalamsyah.id berjudul mencekam Lion Air Terbakar Mesinnya Stop Sementara Penerbangan Seluruh Lion Air.

“Lion Air memutuskan untuk mengambil langkah atas unggahan video di instagram tersebut,” kata Danang Mandala Prihantoro.

Laporan telah dilakukan ke Bareskrim Polri guna dilakukan penyelidikan dan penyidikan atas tindakan yang sudah dilakukan @lelahmiskinproject dan @ramandanalamsyah.id.

Katanya, isi konten video tersebut telah mengalami penyebarluasan informasi atau dokumen elektronik yang memiliki atau bersifat negatif, tendensius, pencemaran nama baik, merugikan perusahaan serta mempengaruhi warganet dan masyarakat.

Upaya Lion Air untuk memahami konten negatif dan menguatkan gerakan melawan penyebaran konten negatif di dunia maya (jejaring sosial media).

Lion Air menegaskan, dalam setiap pengoperasian penerbangan dengan semua jenis pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 330-300CEO dan Airbus 330-900NEO.

Armada pesawat itu telah memenuhi faktor-faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan (safety first) dan upaya tidak menyebabkan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Seluruh pelaksanaan penerbangan Lion Air didasarkan pada standar regulasi (aturan) nasional dan internasional, ketentuan yang ditetapkan pabrikan pesawat udara, serta aturan yang diterbitkan dari internal Lion Air.

Rangkaian standar operasional prosedur (SOP) selalu dilakukan guna mewujudkan operasional penerbangan yang normal dan lancar, memastikan setiap pesawat dalam kondisi prima dan aman dioperasikan (airworthiness for flight) serta dilaksanakan persiapan penerbangan secara tepat (preparation ready for flight).

MediaBanten.Com mencoba mencari video yang diunggah di akun instagram milik LMP @lelahmiskinproject. Unggahan tersebut tidak ditemukan. Belum diketahui apakah unggahan itu sudah hapus atau belum.

Di akun @lelahmiskinproject tidak mencantumkan identitas secara jelas, namun akun ini telah mengupload 305 kiriman. Akun ini mencatat 5.662 pengikut dan 30 diikuti.

Sedangkan akun instagram @ramdanalamsyah.id ditemukan unggahan berjudul Mencekam Lion Air, Stop Sementara Seluruh Penerbangan Lion Air yang diadukan ke Bareskrim Polri.

Menurut profilnya, nama pemilik akun itu H Ramdan Alamsyah dengan pekerjaan lawyer (pengacara) dan politisi (politician). Dia juga mencantumkan sebagai pendiri @sultancofee.id. Pemilik akun itu juga mencantumkan nomor telepon dan alamat web ramdanalamsyah.com.

Akun @ramdanalamsyah.id telah 3.996 unggahan, 13,3 K pengikut dan 5.625 diiikuti. (Humas Lion Air Group / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button