Dishub Banten Siapkan Dua Jalur Alternatif Ke Merak Saat Arus Mudik dan Balik

Salah satu jalan alternatif pada arus mudik dan balik di Banten. Foto: Sofi Mahalali

Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten menyiapkan dua jalur alternatif menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon. Jalur alternatif itu untuk mengatasi kemungkinan kemacetan arus lalu lintas di jalan tol saat arus mudik dan balik Lebaran tahun 2019.

Demikian dikemukakan Tri Nurtopo, Kadishub Banten kepada wartawan, belum lama ini. “Pengaanan arus mudik itu sendiri akan dimulai tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2019,” katanya.

Tri mengatakan, para pengguna jalan menuju Merak, untuk jalan alternatif pertama akan melalui Jalan Nasional, yakni Jalan Tangerang-Merak. Kemudian kedua, akan melalui Jalan Pandeglang-Rangkas.

Baca:

“Ini adalah inisiatif dari kita untuk mengurai kemacetan ataupun penumpukan kendaraan di Jalan Tol,” ucap Tri, belum lama ini.

Dia menjelaskan, untuk pengamanan di dua jalur alternatif menujur Merak, pihaknya mensiagakan sebanyak 302 personil Dinas Perhubungan Provinsi Banten. “Kita telah menyediakan dua posko khusus di jalur alternatif. Posko pertama didirikan di Jalan Raya Anyer, dan kedua di Jalan Raya Serang-Cilegon,” katanya.

Tri menghimbau, bagi para pemudik yang akan menuju Pelabuhan Merak diharapkan agar tidak berangkat pada malam hari, dikarenakan jalan menuju pelabuhan kondisinya banyak lubang, bergelombang, serta situasi pada malam hari sangatlah sepi dan rawan kejahatan.

“Saya menghimbau kepada pemudik yang ingin ke Pelabuhan Merak, lebih baik pagi hari ataupun sore hari. Ini untuk keselamatan anda, agar bisa mencapai tempat tujuan dengan aman,” katanya. (Sofi Mahalali).