Gempa Tektonik di Kepahiang Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi tektonik terjadi di Kabupaten Kepahiang, Povinsi Bengkulu pada pukul 08.53 WIB dengan kekuatan M3,3. Gempa berada di kedalaman 1 Km dengan pusat 9 Km sebelah timur laut Kabupaten Kepahiang. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena lokasi gempa di darat dan magnitudonya kecil. Dari hasil monitoring BMKG sampai jam 10.40 WIB, belum ada gempa susulan. BMKG terus memonitor perkembangan gempabumi tersebut.

Mochamad Riyadi, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG mengatakan,   Berdasarkan parameter gempabumi, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar Sumatera yaitu Segmen Musi di sekitar Kepahiang.

Riyadi mengimbau agar tetap tenang dan mengikuti arahan BPBD setempat, serta informasi dari BMKG. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami. Agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan yang pada umumnya kekuatannya semakin mengecil. (Siaran Pers BMKG / IN Rosyadi)

Berita Terkait