Google Beri Nama Android 10, Bukan Nama Makanan Lagi

Google Berni Nama Android 10

Google meninggalkan kebiasaan memberikan nama versi OS Android dengan nama makanan atau kudapan dan resmi memberikan nama OS Android 10. Pemberian nama dengan angka (10) bukanlah kebiasaan Google soal OS Android.

Selama 10 tahun Google memberikan nama versi nama makanan, hanya di awal peluncuran Android diberi nama Android 1.0. Setelah itu muncul Android Cupcake yang merupakan versi 1.5, Android Donut, Ice Cream, Jellybean dan terakhir adalah Android Pie yang merupakan versi ke 9.

Sameer Samat, VP Product Management Android mengatakan, nama Android sekarang sudah mengglobal, bahkan sebagian besar digunakan di negara-negara di Asia, Afrika dan benua lainnya. Nama makanan atau kudapan yang melekat pada bagian belakang Android sering tidak dikenal dan sulit diucapkan oleh masyarakat setempat.

“Nomor, setidaknya, adalah hal yang universal,” UJAR Samat seperti dikutip MediaBanten.Com dari The Verge, Jumat (23/8/2019).

Baca:

Android Q

Google merilis preview perdana dari Android Q yang namanya diubah resmi menjadi Android 10 untuk para developer. Apa saja fitur baru di Android ini?

Dalam Android 10 Developer Preview ini Google menghadirkan kontrol privasi yang lebih baik, dan dukungan untuk ponsel layar lipat.

Maksud dari kontrol privasi lebih baik ini adalah pengguna bisa membatasi aplikasi agar hanya menarik informasi lokasi perangkat ketika aplikasi sedang dibuka. Selain lokasi, akses data seperti foto, video dan audio juga diberi opsi pembatasan yang sama.

Android 10 juga punya dukung lebih baik terhadap ponsel layar lipat, yang sebelumnya memang sudah dijanjikan oleh Google. Android 10 mendukung perpindahan yang lebih halus ketika mengubah mode layar, termasuk mengecilkan ukuran window aplikasi dalam mode split screen.

Fitur berguna lainnya adalah Setting Panel API, yang membuat developer bisa menambahkan akses instan ke pengaturan ponsel yang dibutuhkan oleh aplikasinya, seperti Bluetooth, WiFi, dan NFC tanpa perlu membuka menu pengaturan ponsel.

Versi beta pertama ini tersedia untuk semua ponsel Pixel, yaitu generasi 1, 2, dan 3, baik Pixel biasa maupun Pixel XL. Khusus untuk Pixel generasi pertama, seharusnya seri ini sudah tak kebagian pembaruan Android, namun Google memperpanjang ‘nyawanya’ karena banyak yang meminta.

Masih banyak fitur andalan dari Google untuk Android 10. (IN Rosyadi)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait