Hitung Cepat KPU: Syafrudin-Subadri Raih 38,6% Ungguli Vera-Nurhasan dan Samsul-Rohman

Featured Video Play Icon

Pasangan Syafrudin-Subadri, Calon Walikota dan Wakil Walikota Serang unggul  dalam hitung cepat (quick count) atau sistem informasi perhitungan (Situng) yang dilakukan KPU Kota Serang di Hotel Horison Ultima Ratu hingga pukul 02.00 WIB dini hari, Kamis (28/6/2018).

Firly menjelaskan, untuk perolehan suara pasangan calon Walikota Serang di tabulasi telah tergambar, Vera-Nurhasan dengan nomor urut 1 memperoleh 32,15%, sedangkan Samsul Hidayat-Rohman mendapatkan 29,16%, dan Syafrudin-Subadri Usuludin dengan nomor urut 3 memperoleh suara 38,69%. Data tersebut total suara dari 966 TPS di Kota Serang.

Firly MM mengatakan, Komisioner KPu Kota Serang, pihaknya telah berhasil merampungkan proses entri dan scan 1 set lembar C1 dari seluruh TPS yang ada di Kota Serang. 1 set C1 tersebut kemudian diberikan ke KPU dari 966  TPS, dan untuk proses entry dan scan mulai dari jam 16.00 WIB selesai jam 02.00 WIB dini hari.

“Lembar 1 set C1 ini diambil dari setiap TPS dan diberikan secara khusus ke KPU. Proses Situng ini kami ingin mempertegas bahwa proses situng ini hanya ingin memenuhi kebutuhan informasi masyarakat,” katanya.

Baca: Versi Quick Count Pilkada Kota Serang: Syafrudin-Subadri Ungguli Vera-Nurhasan dan Samsul-Rohman

 

“Suara masing-masing Paslon yakni nomer urut 1 memperoleh suara sebanyak 90.468 suara,  nomer urut 2 memperoleh 82.030 suara, dan nomer 3 memperoleh 108.856 suara,” ujarnya.

Firly mengatakan, tahapan selanjutnya yakni persiapan rapat pleno, dan semu kotak yang digunakan saat erection kemarin saat ini berada di PPK dengan kondisi terkunci dan disegel. “Kita pastikan besok, dan kita akan sisir ulang serta dilakukan evaluasi menyeluruh atas peristiwa pada tanggal 27 Juni 2018 kemarin,” ucapnya.

Selain itu, ia membeberkan, Rapat pleno di tingkat kecamatan akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2018 – 4 Juli 2018. Pihaknya memberikan waktu selama 3 hari kepada semua PPK di tingkat Kecamatan. Kecuali Kecamatan Serang yang memiliki jumlah TPS-nya paling banyak, pihalnya memberikan jeda waktu 5 hari untuk rapat Pleno.

“Kami menarget untuk rapat pleno ditingkat Kecamatan terahir akan selesai sampai 3 Juli 2018, meskipun spel waktu dalam undang-undang itu sampai 4 Juli 2018. Pada 4 Juli kita akan melakukan Rapat Pelno rekapitulasi perilehan suara, bukan penetapan, bukan penetapan calon terpilih. Penetapan calonbterpilih baru kita bisa lakukan setelah menunggu ada tidaknya gugatan PHP ke Mahkamah Konstitisi,”

Firly mengatakan, angka partisipasi masyarakat dari target sebelumnya yakni sekitar 70%, adapun versi situng mencapai 69%. Untuk pemilih yang tidak hadir, dikatakan Firly, mencapai angka kurang dari 10% Dengan itu,  pasangan Syafrudin-Subadri menggungguli 2 Paslon Walikota Serang yakni pasangan Vera Nurlaila-Nurhasan, dan Samsul Hidayat-Rohman. Hasil tersebut belum dapat menyimpulkan calon terpilih, mengingat Rapat Pleno belum dilakukan. (Sofi Mahalali)

Berita Terkait