IWO Lebak Gelar Pelatihan Jurnalistik

Iwo Lebak Gelar Pelatihan Jurnalistik

Ikatan Wartawan Online (IWO) Lebak menggelar road show pelatihan jurnalistik. Acara road show mengangkat tema “Literasi Membaca, Mengali Potensi Parawisata Daerah” itu, pelaksanannya di awali di SMAN 1 Rangkasbitung, Kamis (15/8/2019).

Ketua IWO Lebak, Asep Alibuni mengatakan, IWO sebagai organisasi profesi wartawan dan media online sebagai dasar hukum Undang-undang Pers Nomor: 40  Tahun 1999 perlu menggelar pelatihan jurnalistik. Mengingat, IWO memiliki tangungjawab dalam turut serta mencerdaskan bangsa, salah satunya menjadi lokomotif anti hoax dan anti sara.

“IWO memiliki kepengurusan pusat hingga daerah, dan akan menjadi lokomotif anti hoax dan anti sara,” kata Asep Alibuni disela-sela acara pelatihan.

Ia menjelaskan, IWO Lebak rencanannya akan mengadakan road show di 28 kecamatan. Untuk acara perdana dilaksanakan di kecamatan Rangkasbitung, tepatnya SMAN1 Rangkasbitung. Pihaknya bersyukur, acara perdana disambut antusiasme oleh masyarakat, khususnya pelajar di SMAN 1 Rangkasbitung.

Baca:

Antusias

“Antusiasmenya cukup baik. Artinya memang masyarakat butuh tahu tentang jurnalistik,” katanya.

Menurut dia, dalam suasana HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia ini, pelatihan jurnalistik tentu sangat pas. Sebab, pers sebagai pilar demokrasi ke empat turut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bentuk perjuangan dalam mengisi kemerdekaan dan sebagai bentuk syukur atas perjuangan para pahlawan

“Tema pelatihan jurnalistik, yaitu literasi membaca untuk membangun potensi Parawisata daerah. Ini tentu sejalan dengan prioritas  pembangunan Pemkab Lebak disektor wisata,” ujarnya.

Road show pelatihan jurnalistik bagi pelajar mahasiswa dan umum, ini  bagi media online selaras untuk meningkatkan sektor Parawisata, terutama dalam menjelaskan informasi potensi wisata di peloksok dan promosi wisata.

“Media online memiliki kelebihan dalam hal penyajian berita lebih cepat lebih mudah didapatkan diera digital ini,” katanya.

Pihaknya berterakasih kepada Pemkab Lebak, Ketua Gapensi Lebak, PT XL dan beberapa pihak yang tak bisa disebutkan satu-persatu atas dukungan terlaksanannya acara ini.

“Terkhusus, kepada pengurus dan anggota serta wartawan Lebak yang sudah membantu tenaga pikirin baik materi maupun imateri,” katanya.

Acara pelatihan dihadiri, Dewan Etik IWO Banten, Ariel Maranose selaku narasumber, Kepala Diskominfo Lebak, Dodi Irawan, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, diwakili Bagian Humas, Aep Dian Hendrawan.

Sementara, Kepsek SMAN 1 Rangkasbitung, Iva Havidianiah menyambut baik adanya pelaksanaan pelatihan jurnalistik yang di gelar IWO. Acara tersebut tentu sangat positif, karena peserta bisa menyerap pengetahuan tentang jurnalistik. (Mahardika)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait