Pokja Wartawan Kota Serang Buka Bersama Anak Yatim Piatu

Foto: Adityawarman

Kelompok Kerja  Wartawan Kota Serang (PWKS) menggelar buka puasa bersama puluhan anak yatim piatu di Sekretariat PWKS, Ciceri, Kota Serang, Jumat (1/6/2018).

Acara ini diisi dengan Kultum dan pemberian santunan pada puluhan anak yatim piatu di Kota Serang. Kegiatan ini merupakan kedua kalinya bagi PWKS. Tahun sebelumnya, kegiatan diisi dengan membagikan pakaian bekas pada salah satu yayasan sosial di Kota Serang.

Ketua PWKS Kota Serang  Andi mengatakan,  buka bersama dengan puluhan anak yatim piyatu merupakan salah satu cara memuliakan bulan suci Ramadan. Sebab  di bulan suci ramadan ini banyak  berkah yang didapatkan.

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berbagi pada sesama manusia,  terutama umat muslim yang kurang mampu secara finansial. ” Untuk itu kami undang puluhan yatim piyatu di Kota Serang. Agar mereka juga bisa merasakan kenikmatan yang kita rasakan di bulan suci yang penuh barokah ini, ” ujar wartawan senior Tangexpres cabang Serang ini.

Baca: Wagub Banten Bagikan Bantuan Tunai Rp20 Juta Per Pondok Pesantren

Dikatakan Andi, bulan suci ramadan ini merupakan momen umat muslim untuk evaluasi dan memperbaiki diri, terutama para wartawan yang bekerja di lingkungan Kota Serang bisa lebih baik lagi dalam menyampaikan informasi-informasi pada masyarakat,  terutama Kota Serang.” Sekarang tugas wartawan tak hanya mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah, tapi tanatangan di era digital para wartawan jangan ikut menyebarkan informasi-informasi hoax.  Sebab hoax ini perbuatan tercela yang membuat perpecahan umat, “ucapnya.

Ia berharap pada momen ramadan ini para wartawan dapat menekan dan memfilter informasi hoax agar penyebarannya tidak berkembang.” Untuk itu diharapkan para wartawan dalam setiap pemberitaanya dapat mematuhi kaidah dan etika jurnalistik, harus berimbang dan rajin tabayyun sebelum berita itu diterbitkan, “ucapnya.

Lanjut Andi,  Kedepannya kegiatan baksos seperti ini dapat terus dilakukan,  mengingat masih banyak warga Kota Serang yang membutuhkan uluran tangan.” Terutama pemerintah Kota Serang agar lebih proaktif merespon aspirasi rakyat kecil,  terutama orang miskin,  yatim piyatu dan warga Kota Serang lainnya. Hal ini demi kesejahteraan masyarakat Kota Serang lebih baik, ” ucapnya.

Sementara itu Ketua Muhammadiyah Kota Serang Hamsin Syarbini yang memberikan tausiyah sebelum berbuka puasa bersama mengapresiasi apa yang dilakukan oleh wartawan yang tergabung dalam PWKS. Ia mengatakan bahwa berbuat baik kepada anak yatim adalah perbuatan yang dianjurkan oleh agama. Bahkan Rosulullah SAW bersabda nanti di surga kelak Rosulullah akan sangat dekat dengan orang-orang yang menanggung anak yatim sedekat jari telunjuk dan jari tengah.

“Rosulullah bersabda ‘Aku dan orang yang menanggung anak yatim di surga seperti ini, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau serta agak merenggangkan keduanya’,” kata Hamsin.

Hamsin mengatakan bahwa banyak keutamaan bulan Ramadan di antaranya karena pada bulan ini Allah menurunkan al Quran yang menjadi petunjuk manusia. Juga menjadi pembeda antara yang hak dan batil. Keutamaan lain adalah muslin yang berpuasa Ramadan akan diampuni segala dosa-dosanya yang terdahulu.

“Syaratnya puasanya dilakukan dengan penuh keimanan dan keikhlasan serta mengharapkan rido Allah,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut hadir pula komunitas pecinta reptil Banten yang membawa 2 ekor ular sanca dengan panjang 6 meter yang menjadi perhatian anak-anak yatim yang hadir sebelum berbuka puasa. (Adityawarman)

Berita Terkait