Kabur dari Yayasan dan Puskemas, Orang Gila Ditemukan Tewas

Sempat kabur dari yayasan dan puskesmas, Iqro, 34, warga Kampung Cisono Lor, Desa Suka Rendah. Kecamatan Warung Gunung, Kabupaten Lebak ditemukan dalam keadaan meninggal dunia. Iqro diketahui mengidap sakit jiwa atau orang gila.

Jasad korban ditemukan warga tergeletak di areal persawahan Kampung Solokan, Desa Pasir Kembang, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang, Sabtu (11/7/2020) sore.

Kapolsek Pamarayan AKP Asroji mengatakan jasad korban pertama kali ditemukan oleh Patoni, 53, petani setempat yang sedang mencari rumput. Saat berjalan di pematang, saksi melihat ada mayat yang tengkurap di pinggir galangan sawah. Sambil ketakutan, Patoni langsung lari dan memberitahukan penemuan mayat itu kepada warga.

“Dari hasil penyelidikan, korban diketahui mengidap gangguan kejiwaan dan merupakan pasien dari yayasan Bani Syifa di Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang,” terang Kapolsek melalui telepon, Sabtu (11/7/2020) malam.

Baca:

Sakit Perut

Sebelum ditemukan tewas, kata Kapolsek, korban diketahui kabur dari yayasan pada Rabu (8/7/2020). Saat ditemukan di Desa Binong, Kecamatan Pamarayan, pada Jumat (10/7/2020), korban dalam kondisi sakit perut. Oleh pengurus yayasan, korban kemudian dilarikan klinik setempat namun kemudian dirujuk ke puskesmas Pamarayan dan dilakukan perawatan.

“Baru semalam dalam perawatan, korban ODGJ ini diketahui kabur dari puskesmas sampai akhirnya ditemukan meninggal dunia di areal persawahan. Untuk penyebab kematian masih menunggu keterangan dokter namun diduga karena penyakit yang dideritanya,” kata Kapolsek.

Orang gila diartikan sebagai sebuah gangguan jiwa atau saraf yang parah. Menurut Wikipedia, secara historis konsep ini telah digunakan dalam berbagai cara. Di lingkungan dunia medis lebih sering digunakan istilah gangguan jiwa.

Kata kegilaan sering pula digunakan untuk menyatakan tidak waras, atau perilaku yang sangat aneh. Dalam pengertian tersebut berarti ketidaknormalan dalam cara berpikir dan berperilaku yang kurang wajar.

Gila yaitu hilangnya keseimbangan pikiran dikarenakan oleh stres atau ada masalah pribadi yang dialami oleh seseorang sehingga mengakibatkan pikirannya tidak terkendali dan akhirnya menjadikan pikirannya tidak waras, berperilaku aneh (tak wajar layaknya manusia biasa). (yono)

Berita Terkait