Kesehatan

Kenal Daun Kelor? Ini Tujuh Manfaat Bagi Kesehatan

Daun Kelor yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini tidak asing lagi. Daun ini biasanya digunakan sebagai obat tradisional dan dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan.

Daun kelor memiliki ciri morfologi / bentuk berupa berdaun manjemuk, letak daun terseusun berseling, bertangkai panjang, beranak daun ganjil, warna daun saat muda yaitu hijau muda, sedangkan pada daun dewasa berwarna hijau tua. Bentuk daun bulat telur, panjang 1 – 2 cm, lebar 1 – 2 cm, bertepi rata, dan susunan tulang daunnya menyirip.

Daun kelor biasanya disajikan atau dikonsumsi dalam bentuk teh herbal, jamu, suplemen dan ada juga yang menggunakan daun ini sebagai bahan masakan.

Daun kelor dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut 7 manfaat daun kelor:

1. Anti stres

Bеrdаsаrkаn hаsil dаri sеbuаh реnеlitiаn dаlаm Jоurnаl оf Рhаrmаcоlоgy аnd Рhаrmаcоdynаmics tertulis bаhwа daun kelor mеruраkаn sаlаh sаtu аdарtоgеn аlаmi. Hal itu berarti daun kelor mеmiliki kеmаmрuаn dаlаm mеlindungi tubuh dаri еfеk tоksik yаng dikeluarkan оlеh strеs.

Baca Juga:   Sebanyak 14 Buruh Demo Tolak Omnibus Law di Tangerang Reaktif Covid

Baca:

2. Menyehatkan mata

Daun kelor memiliki kandungan vitamin A yang tinggi sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membuat mata kita menjadi lebih sehat dan penglihatan menjadi jernih. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai pengobatan luar pada mata dengan cara merebus daun kelor untuk membasuh mata yang sedang sakit atau dijadikan obat tetes untuk mata.

3. Mengurangi peradangan

Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera dan pada daun kelor memiliki kandungan zat yang dipercaya untuk mengurangi peradangan

4. Menghambat tumbuhnya sel kanker

Pada ekstrak daun kelor terkandung antioksidan dan potasium dimana antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas atau menghambat tumbuhnya sel kanker, sedangkan potasium berfungsi untuk menyingkirkan sel-sel kanker.

Baca Juga:   Kabupaten Serang Zona Merah, Tangerang Raya Zona Oranye Covid

5. Mengobati rematik

Rematik disebabkan oleh tulang yang kekurangan nutrisi. Daun kelor memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga hal ini dapat memenuhi kebutuhan kalsium di dalam tulang.

6. Menurunkan tekanan darah

Daun kelor mengandung kalium dan antioksidan yang tinggi. Karenanya, daun kelor dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Daun kelor mengandung asam amino yang dapat meningkatkan sistem imun. Dari berbagai manfaat daun kelor di atas, jika kita ingin mengkonsumsi daun kelor sebagai obat tradisional, alangkah baiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena perlu diteliti lebih lebih lanjut terkait efektivitasnya dan efek samping yang ditimbulkan jika daun kelor dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan daun kelor sebagai pengobatan penyakit tertentu. (*)


Apakah Artikel Ini Bermanfaat? Donasikan Uang Anda agar kami tetap menyajikan artikel yang berkualitas dan independen. Klik Tombol Di bawah Ini;

SELENGKAPNYA
Back to top button