Korem 064/MY dan Polda Banten Gelar Lomba Kreativitas Pengelolaan Sampah

Komando Resor Militer (Korem) 064/MY dan Kepolisian Daerah (Polda) Banten menggelar lomba kretivitas pengelolaan dan aksi bersih-bersih sampah di Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (21/2/2019). Lomba ini dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional (HPSN) 2019.

Komandan Korem 064/MY Kolonel Inf Windiyatno mengatakan, karena sampah ini telah menjadi masalah yang mendunia. Ia mengajak masyarakat untuk bijak dalam menghadapi sampah. “Mari kita jaga lingkungan kita, kita perlakukan sampah sebagaimana mestinya. Yang bisa kita pisahkan, ya kita pisahkan. Yang bisa kita daur ulang, kita daur ulang. Yang harus dimusnahkan, kita musnahkan,” ujarnya.

Kolonel Inf Windiyatno mengatakan, dalam peringatan HPSN 2019, pihaknya akan selalu mendukung dalam upaya pengelolaan sampah yang baik, terutama di lingkungan jajarannya. “Dengan menjaga kesatuan kami bersih dari sampah diharapkan dapat ditularkan kepada masyarakat. Bahwa bersih dari sampah ini selain sehat, juga dapat menjadikan suasana yang nyaman,” ujarnya.

Danrem 064/MY menuturkan, kehadiran bank sampah di Banten dalam mengelola sampah, kedepannya dapat menjadi solusi dalam pengelolaan samapah. Hal tersebut tentunya dapat dicontoh seperti di daerah Surabaya yang menjadi daerah bersih, bahkan mengalahkan Bandung. “Cuman kalau di lingkungan kita ini (Banten) belum membudaya, tetapi kalau di surabaya sudah. Mudah-mudahan masyarakat Banten juga dapat mencontohnya,” ujarnya.

Baca: Primkop Kartika Maulana Gelar Rapat Anggota Tahunan di Aula Makorem MY 064

Kolonel Inf Windiyatno mengatakan, pengolahan sampah dengan sistem Bank Sampah di jajaran Korem 064/MY telah dilakukan sejak lama. Ia menjelaskan, hadirnya Bank Sampah tersebut berawal dari mengisi kekosangan waktu ibu-ibu Persit dengan memanfaatkan limbah masyarakat. Namun setelah berjalan, hasil kreatifitas pengolahan sampah tersebut banyak diminati dan bisa menjadi nilai ekonomis. “Kalau di Lebak sudah komersil, kenang-kenangan ibu pejabat juga saya kasih sampah hasil olahan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir yang berkesempatan menjadi Pemimpin upacar mengatakan, upacara peringatan HSPN kali ini bertemakan ‘Kelola Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai’.

Ia mengatakan, dalam kegiatan ini merupakan momentum untuk mengembangkan kesadaran diri dan mensinergikan jajaran TNI dan Polri serta seluruh potensi masyarakat, guna bersama-sama menghadapi permasalahan sampah dan membangun tata kelola sampah untuk hidup bersih, sehat dan bermakna bagi masyarakat.

“Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, sampah dapat menjadi titik awal bagi semua pemangku kepentingan, untuk segera melakukan aksi nyata, dengan mengkampanyekan, mengedukasi dan memberikan bimbingan kepada masyarakat untuk menerapkan budaya 3R (Reduce, Reuse, Recycle),” ujarnya, ia menambahkan.

“Lingkungan hidup yang baik dan sehat bukanlah warisan nenek moyang, melainkan warisan yang nantinya akan dititipan untuk anak cucu kita,” ucap Kapolda. (Sofi Mahalali)

Berita Terkait