LAZ Harfa Bantu Sekolah Terkena Gempa 7,4 SR di Banten

kerusakan sekolah akibat gempa di banten

Laz Harfa memberikan bantuan kepada sekolah yang terkena Gempa di Banten yang terjadi pada Jum’at, 2 Agustus 2019 dengan kekuatan 7,4 SR dan menyebabkan beberapa kerusakan rumah, sekolah dan bangunan lainnya.

Selain itu, gempa juga menyisakan rasa sedih bagi anak-anak dan guru di beberapa sekolah yang terkena dampagk. Pasalnya sekolah yang menjadi kebanggaan untuk menuntut ilmu kini semakin tak layak untuk digunakan, keadaanya rapuh, harus ditopang dari berbagai sisi dengan bambu-bambu, juga banyak dinding yang ambruk dan menyebabkan beberapa kelas tidak bisa digunakan kembali untuk belajar.

LAZ Harfa sebagai lembaga kemanusiaan di Banten turut terjun ke lapangan untuk membantu para korban gempa khususnya di wilayah Pandeglang yang terkena dampak paling parah. Selain memberikan bantuan pada tanggap bencana, LAZ Harfa juga memberikan bantuan bagi sekolah-sekolah harapan yang ambruk pasca gempa yang terjadi. Salah satunya yaitu MI Darul Huda di Kampung Gunung Jalu Desa Cikumbuen Kecamatan, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Selasa, (6/8/2019).

Indah Prihanande, Direktur LAZ Harfa mengungkapkan bahwa memang kejadian gempa di Banten ini tak bisa dianggap biasa, kekuatan 6,9 SR banyak menyebabkan kerusakan bangunan termasuk yang paling penting ada pada sektor pendidikan, karena ini menyangkut kebutuhan anak-anak dalam proses belajarnya.

Baca:

Belum Dibantu Pemerintah

LAZ Harfa memberikan bantuan kepada sekolah yang terkena dampa gempa 7,4 SR di Sumur, Kabupaten Serang, Banten: Foto: Humas Laz Harfa

Indah juga menambahkan, kerusakan untuk unit rumah akan dibantu langsung oleh pemerintah setempat, akan tetapi untuk bangunan sekolah belum ada bantuan sama sekali, sehingga dirinya dan juga LAZ Harfa langsung terjun untuk membantu memperbaiki sekolah yang ambruk kemarin. Total sekolah yang terdampak gempa terdapat 5 sekolah yang rusak.

Selain bantuan perbaikan untuk sekolah, LAZ Harfa juga melaksanakan kegiatan trauma healing bagi anak-anak di MI Darul Huda. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi, kepercayaan diri dan memulihkan kembali kondisi psikologis anak-anak.

“Alhamdulillah, pemberian ini sangat bermanfaat untuk kami. Sejak gempa kemarin, ruangan kelas yang ambruk sudah tak kami gunakan, kami akhirnya membuat 1 ruangan kelas untuk 2 kelas sekaligus. Semoga dengan adanya bantuan perbaikan ini anak-anak di sekolah semakin semangat belajar” Ungkap Alpiah selaku Kepala Sekolah MI Darul Huda.

Untuk anda yang ingin membantu sekolah-sekolah yang ambruk akibat gempa bumi, anda bisa salurkan bantuan terbaik melalui transfer donasi di BNI Syariah 0264089319 dan BRI 008401000593562 an. Yayasan Harapan (Tambahkan kode Rp. 333,- dibelakang donasi). Konfirmasi donasi melalui 0812-8707-4484. (Siaran Pers Humas LAZ Harfa)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait