Nabi Muhammad Tidak Biasa Merepotkan Orang Lain

Nama Muhammad SAW di elu-elukan oleh umat Islam di dunia ketika memasuki Bulan Maulid. Shalawat Nabi adalah ritual yang tak akan pernah lepas ketika memperingati Hari Maulid. Ustaz Muhsinin Fauzi dalam kajian tauhid bertema “Rinduku Padamu ya Rasulullah” di Masjid Alatief, Pasaraya Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/12), mengatakan, sebagai bentuk kecintaan kepada Rasulullah, umat Islam perlu juga mengenal lebih jauh sosoknya, baik fisik maupun sifatnya-sifatnya.

Menurut Ustaz Muhsinin yang merujuk dari beberapa hadis sahih, seperti dari Anas Ibn Malik mengatakan bahwa Rasulullah mempunyai perawakan tampan. Rasulullah mempunyai telapak tangan besar, namun lembut. “Kata Anas Ibn Malik (Rasulullah) tidak pernah berkata keji dan jorok tak pernah bersuara keras di pasar,” kata Ustaz Muhsinin.

Rasulullah tidak terbiasa merepotkan orang lain. Ustaz Muhsinin me nuturkan, Rasulullah suka melayani diri sendiri. Misalnya, beliau memeras air susu kambing sendiri. Oleh sebab itu, Ustaz Muhsinin mengimbau agar kaum Muslimin juga meniru sifat-sifat Rasulullah tersebut. Sifat terpuji lainnya dari Rasulullah, yaitu kesabarannya dalam menghadapi persoalan rumah tangganya.

Baca: Cara Nabi Muhammad Bertutur Kata

Hal tersebut terbukti ketika salah satu istrinya cemburu saat istri lainnya mengantarkan makanan kepada Rasulullah. Dengan sabar dan tenang, Ra sulullah tidak menghadapi persoalan itu. “Rasulullah juga sangat dermawan,” ujarnya.

Kemudian, Rasulullah sosok yang mu dah ditemui oleh siapa pun. Nabi bahkan ti dak pernah menolak permintaan dari se seorang. Dia memisalkan, Nabi tidak per nah menolak apabila diundang dalam pera yaan tertentu oleh seseorang. Kemudahan, Rasulullah untuk menerima tamu atau un dangan seseorang, menurut Ustaz Muh si nin, bentuk kerendahan hatinya. Ustaz Muh sinin menambahkan, Rasulullah juga seorang yang memiliki sifat humoris, ter utama ketika dalam kehidupan keluarga.

Rasulullah juga pandai bergaul dengan siapa pun, sehingga mudah diterima oleh ber bagai kelompok. Ditambah, dengan sifat kejujuran yang dimiliki menambah ke sempurnaan dirinya sebagai manusia terbaik di muka bumi ini. Di luar sifat-sifat tersebut, kata Ustaz Muhsinin, masih sa ngat banyak yang perlu banyak dipelajari. Untuk itu, jika mencintai Rasulullah, harus memperbanyak belajar tentang sifat-sifat Rasulullah. (Dikutip utuh dari republika.co.id)

Berita Terkait