Pemkot Serang Diminta Kaji Ulang Bank Sampah Per RW

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, Roni Alfanto meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melakukan pengkajian terlebih dahulu perihal wacana pendirian satu RW satu Bank Sampah. Demikian dikatakan Roni saat ditemui di kediamannya di Kota Serang, Kamis (18/7/2019).

Roni mengatakan, permasalahan sampah di Kota Serang memang harus mendapat perhatian lebih. Akan tetapi Pemkot Serang harus dapat mempertimbangkan anggaran APBD yang dimiliki oleh Kota Serang. Apakah mencukupi atau tidaknya dalam pendirian bank sampah tersebut.

“Jadi harus dihitung dulu berapa anggaran yang dibutuhkan. Apakah APBD Kota Serang sanggup atau tidak. Kalau sanggup ya gak masalah, kalau gak sanggup ya yang prioritas aja dulu,” katanya.

Roni menyarankan, agar pengolahan sampah lebih baik, untuk di tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) di Cilowong, disediakan alat pengolah sampah. Sementara mengenai kekurangan armada dan petugas kebersihan. Roni mempertanyakan, Dinas terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup sudah mengajukan penambahan atau tidak.

Baca:

“Kalau itu memang diajukan, dan dirasa sangat mendesak. Kami dari DPRD insya Allah akan mempertimbangkan untuk meloloskan anggaran pembeliannya,” ujarnya.

Roni menuturkan, hal tersebut tentunya bergantung pada keseriusan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Kalau OPD-nya dapat menyampaikan program yang dapat menangani sampah, insya Allah kita akan membantu dalam rekomendasi penganggarannya. Apalagi pengolahan sampah untuk di Pasar Rau, karena yang saya tau salah satu penyumbang sampah yang banyak itu ya disitu,” ucap pria yang merupakan Ketua DPD Partai Nasdem.

Roni menilai, harus ada kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah tidak sembarangan. Karena sebagus apapun program pemerintah, jika tidak didukung oleh kesadaran masyarakat makan tidak akan membuahkan hasil yang baik. “Ini juga menjadi tanggungjawab kita bersama untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat, agar perduli terhadap lingkungan. (Sofi Mahalali)

Berita Terkait