Polda Banten Menyekat Pemudik Balik Ke Jakarta di 15 Lokasi

Polda Banten terus melakukan penyekatan arus balik yang mengarah ke Jakarta setelah hari raya Idulfitri 1441 H/2020 M. Penyekatan dilakukan guna menghadang para pemudik kembali ke Jakarta dan sekitarnya.

“Arus balik kendaraan yang melalui pos check point dari arah Pelabuhan Merak menuju arah Jakarta, nampak masih sepi,” ujar Kompol Abdurohim, Kamis (27/5/2020) dini hari.

Menurutnya, teknis penyekatan masih tetap sama seperti saat arus mudik lebaran 2020 yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak. Namun, kini pemeriksaan dikonsentrasikan kepada kendaraan yang mengarah ke Jakarta.

“Ada 3 regu dalam penjagaan, masing-masing 18 personil di pos Cek Poin Gerem Atas untuk melakukan penyekatan dan pemeriksaan kepada kendaraan yang hendak masuk ke Gerbang Tol Merak,” terangnya.

Gerbang Merak

Rahmat Amin, petugas Sentral Informasi Tehnis (SITE) PT Jasa Marga (Persero) tbk, tercatat sebanyak 1.131 kendaraan yang masuk dari gerbang tol Merak tujuan Jakarta.

“Tercatat sejak pukul 07.00 Wib sampai pukul 16.00 Wib, kendaraan yang masuk dari gerbang tol Merak tujuan Jakarta, sebanyak 1131 unit, dan di gerbang tol Cikupa sebanyak 4739 unit,” ujar Rahmat Amin saat dikonfirmasi MediaBanten.Com, Kamis (28/5/2020) sore.

Siaran Pers Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyebutkan, 171.046 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan.

Catatan itu dari hari kedua Lebaran hingga hari kedua sesudah Lebaran 2020 (H+2) tanggal 25-27 Mei 2020, PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Volume Turun

Volume lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta ini turun 69%, dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019.

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 31,7% dari arah Timur, 34,2% dari arah Barat dan 34,1% dari arah Selatan.

Di Banten ada 15 check point yang memantau arus pemudik dari dan menuju Jakarta. Untuk penyekatan dilakukan Tol Tangerang-Merak dan jalur arteri serta perbatasan Banten dan Jawa Barat.

Berikut check point di Banten selama Operasi Ketupat Kalimaya:

  1. Gerbang Tol Cikupa, Tangerang.
  2. Gerbang Citra Raya, Kabupaten Tangerang.
  3. Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang.
  4. Kronjo, Kabupaten Tangerang.
  5. Tigaraksa,, ,Kabupaten Tangerang.
  6. Jayanti / Cisoka ,Kabupaten Tangerang.
  7. Solear / Cisoka, Kabupaten Tangerang.
  8. Simpang Asem Cikande (Kabupaten Serang),
  9. Simpang Pusri, Kota Serang.
  10. Gayam, Kabupaten Pandeglang.
  11. Gerem dan Gerbang Tol Merak, Kota Cilegon.
  12. Gerbang Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.
  13. Pelabuhan BBJ Bojonegara, Kabupaten Serang.
  14. Cipanas, perbatasan Kabupaten Lebak dan Bogor.
  15. Cilograng, perbatasan Kabupaten Lebak dan Sukabumi.

(Yusvin)

Yusvin Karuyan

Next Post

Pemudik Balik Dari Bakauheni "Nyeberang" Ke Merak Capai 2.845 Orang

Kam Mei 28 , 2020
Pemudik melalui Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan menuju Pelabuhan Merak, Banten, hingga Kamis pagi mencapai 2.845 orang. Ini di tengah upaya penyekatan arus balik pemudik, terutama tujuan Jakarta dan sekitarnya. Data Posko Angkutan Lebaran 2020 Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni menyebutkan, Kamis (28/5/2020), pemudik masih didominasi oleh penumpang di dalam kendaraan berbanding pejalan […]