Hukum

Polres Serang Gelar Operasi Bina Kusuma I Maung 2022

Polres Serang menggelar Operasi Bina Kusuma I Maung 2022 untuk meminimalisir untuk minimalisir terhadap kenakalan remaja, premanisme dan penyalahgunaan narkoba serta gangguan kamtibmas lainnya.

“Operasi yang melibatkan instansi terkait dari pemerintah daerah ini mulai digelar Senin 21 Maret 2022 hingga Senin 4 April 2022 mendatang,” ungkap Wakapolres Serang, Kompol Rahmat Sampurno usai Rakor Internal dan Eksternal Bina Kusuma Maung I 2022.

Dikatakan Wakapolres Serang, Operasi tersebut merupakan kegiatan operasi kewilayahan mandiri terpusat.

Pada kegiatan operasi itu, akan dilakukan kegiatan-kegiatan preemtif seperti penyuluhan kepada kelompok masyarakat maupun komunitas untuk mencegah perilaku premanisme maupun tindak kriminalitas.

“Jadi kegiatan atau operasi ini bersifat preemtif atau pencegahan agar tidak terjadi tindak pidana maupun gangguan kamtibmas lainnya,” terang Wakapolres.

Kompol Rahmat menyebut, sasaran Operasi Bina Kusuma Maung I 2022 adalah lokasi rawan kriminalitas ataupun rawan aksi premanisme. Operasi ini juga, tambah Rahmat, menyasar penekanan angka kenakalan remaja seperti tawuran.

“Juga dalam konteks pandemi, Operasi juga diarahkan untuk mendisiplinkan masyarakat agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan,” kata Rahmat Sampurno.

Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasatbinmas), AKP Bhakti Yasa Saputri menambahkan bahwa Operasi Bina Kusuma ini adalah operasi rutin yang mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat.

Kata Kasatbinmas secara otomatis personil Bhabinkamtibmas harus turut berperan aktif untuk mendukung Operasi ini dengan melaksanakan pembinaan & penyuluhan terhadap kenakalan remaja, premanisme, radikalisme, serta gangguan kamtibmas lainnya.

“Harapan kami operasi ini dapat berjalan lebih baik dari operasi tahun sebelumnya sehingga tercapainya wilayah Kabupaten Serang yang aman dan nyaman dari gangguan kamtibmas,” ucap Kasatbinmas.

Rapat Koordinasi yang digelar di Aula Mapolres Serang, Kamis (17/3/2022), juga dihadiri sejumlah pejabat utama Polres Serang lainnya, Unsur Satpol PP, BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Serang. (Reporter: Yono / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button