Polsek Cilegon Gelar Patroli Dialogis Cegah Gangguan Kamtibmas

Patroli dialogis

Bhabinkamtibmas Polsek Cilegon
melaksanakan Patroli dialogis dan mengedukasi warga.

Ini dalam rangka mencegah terjadinya berbagai tindak kejahatan dan terciptanya lingkungan yang aman dan kondusif,

Kapolsek Cilegon, Kompol H Jajang Mulyaman ditemui MediaBanten.Com, Selasa (7/7/2020) mengatakan, kegiatan dialogis di antaranya untuk menekan gangguan kamtibmas dan mengantisipasi tindak Kriminalitas. Sehingga dapat terciptanya situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk menjelang Pilkada Kota Cilegon.

Menurut Jajang, kegiatan sambang sekaligus bertatap muka dan silaturahmi yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas, adalah salah satu upaya untuk menciptakan kedekatan serta sinergitas. Di antara Bhabinkamtibmas dengan para tokoh masyarakat. Bhabinkamtibmas selalu hadir di masyarakat baik pada siang hari maupun malam hari.

Radikalisme dan Terorisme

Dalam sambang dan silaturahmi, kepada warga, disampaikan agar waspada terhadap bahayanya paham Radikalisme dan Terorisme. Paham ini dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu masyarakat tidak mudah percaya, terpengaruh dan terprovokasi oleh berita Hoax. Sifatnya mengadu domba antar Suku, Agama, Ras (Sara) yang dapat menecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Lanjut Jajang, dalam kegiatan sambang malam yang rutin dilakukan anggota Bhabinkamtibmas, untuk menciptakan keamanan di waktu rawan. Ini perlu meningkatkan peran aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkunganya. Edukasi tamu wajib lapor 1 x 24 jam.
Juga tingkatkan kewaspadaan, bila ada yang mencurigakan agar komunikasi dengan Bhabinkamtimbas

“Kami minta agar seluruh masyarakat dapat bahu membahu dengan aparat keamanan utamanya pihak kepolisian didalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta mencegah adanya berita berita bohong (Hoax) yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” ujar Jajang.

“Giat patroli pada malam hari yang dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas ini merupakan salah satu giat rutinitas guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat serta antisipasi gangguan kamtibmas yang kemungkinan akan terjadi pada malam hari sekaligus meningkatkan hubungan kemitraan,” sambung Bripka Paisal N anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Sukmajaya.

Bripka Paisal N menambahkan, kepada seluruh warga masyarakat agar selalu berperan aktif menjaga situasi Kamtibmas diwilayahnya masing masing, dan menjadi petugas kemanan bagi diri sendiri dan masyarakat sekitarnya. (yusvin)

Yusvin Karuyan

Berita Terkait