Militer

Prajurit Fighter Sejati Yonranratfib 2 Mar Latihan Embarkasi dan Debarkasi

Prajurit Fighter Sejati Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan latihan embarkasi dan debarkasi di Dermaga Satfib, Koarmada II, Ujung, Surabaya, Selasa (2/11/2021).

Kegiatan ini melibatkan KRI Surabaya 591 Landing Platform Dock (LPD) dan beberapa kendaraan tempur (Ranpur) BTR 50 PM dan BTR 50 PK dalam rangka Latihan Perorangan Kesenjataan (LPK) TW IV 2021.

Latihan Embarkasi dan Debarkasi Ranpur yang dipimpin langsung oleh Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Kuswandi.

Sebelum latihan, para kru Ranpur merefresh kembali dengan kegiatan belajar tentang materi latihan di antaranya materi embarkasi, debarkasi Ranpur dari Kapal Landing Platform Dock (LPD) yang di bawakan oleh Letda Mar Dwiyan Aryo selaku Perwira materi.

Dalam kesempatan ini Komandan Yonranratfib 2 Mar menyampaikan, keberhasilan suatu Satuan dalam melaksanakan tugas pokok sebagai unsur kendaraan pendarat amfibi tidak terlepas dari kemampuan mobilitas yang tinggi serta keterampilan pengemudi Ranpur dalam bermanuver di setiap bentuk medan pertempuran baik di darat maupun di laut.

Baca Juga:   Danyonkapa 2 Mar Pimpin Upacara Bela Negara Ke-17

“Maka dari itu wujud kesejahteraan berupa kegiatan latihan ini hendaknya dilaksanakan dengan serius dan penuh semangat,” katanya.

Lebih lanjut, dengan diadakannya kegiatan latihan ini selain untuk memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pengemudi Ranpur juga bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan pengemudi Ranpur maupun kendaraan tempur.

Ini dalam menyongsong tugas-tugas yang diberikan oleh Satuan atas, sekaligus untuk memberikan keyakinan kepada Pimpinan dalam pengerahan Personil maupun kendaraan tempur yang kita miliki.

“Mustahil tanpa berlatih prajurit fighter sejati mampu menjadi pengemudi Ranpur yang handal dan profesional di berbagai medan latihan maupun penugasan,” tegasnya. (Munawari – Menkav 2 Mar / Editor: Iman NR)

Latest posts by Iman NR (see all)
SELENGKAPNYA
Back to top button