Partai Politik

Presiden Partai Buruh Indonesia Kukuhkan Komite Eksekutif Banten

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal mengukuhkan Komite eksekutif Pengurus Partai Buruh Banten di Balai latihan kerja (BLK) Salesian Don Bosco, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang pada Jumat (5/11/2021).

Acara tersebut, sebagai upaya mengkonsolidasikan para anggota dan simpatisan partai sekaligus pemaparan 13 platform atau rencana kerja yang dicanangkan Partai ini.

Said Iqbal memaparkan, kegiatan ini sekaligus pemberian surat keputusan (SK) untuk pengurus wilayah setingkat provinsi, yang disebutnya Excecutif Commite (Exco) atau Komite Eksekutif.

“Ketuanya Bung Tukimin dengan sekertaris Wawan Galih,” paparnya.

Said Iqbal mengatakan, tujuan didirikannya Partai Buruh di Indonesia ini untuk mewujudkan cita-cita walfare state atau negara kesejahteraan.

Walfare state Kesetaraan kesempatan, distribusi kekayaan yang merata dan tanggung jawab publik.

“Soal Walfare state ini akan diwujudkan melalui 13 platform,” ujarnya.

Iqbal menjelaskan, 13 Platform itu antara lain kedauaulat rakyat yang bukan daulat uang atau dinasti, lapangan kerja tanpa outsourcing, pemberantasan korupsi, jaminan sosial, jaminan pendidikan dengan wajib belajar 15 tahun, Kedaulatan Pangan.

Iqbal melanjutkan, reformasi agraria, BUMN dan koperasi menjadi pilar perekonomian negara. Selain itu, perlindungan buruh non formal seperti industri rumah tangga (IRT), buruh perempuan dan perlindungan anak.

“Kira- kira itulah platform kerja kami,” jelasnya.

Iqbal menjawab, kebijakan soal agraria harus kembali kepada reformasi agraria versi Bung Karno dan Bung Hatta. Hal itu, sebagaimana mana tertuang dalam pasal 33 ayat 3, UUD 1945.

“Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat,” katanya.

Menurutnya, ada 10 orang Indonesia jika diakumulasikan memiliki tanah seluas setengah luas dari Pulau Jawa.

Dia menilai, ini bertolak belakang dengan reforma agraria versi proklamator Bangsa. Dimana versi agrarian lama, keadilannya berpihak pada rakyat.

“ Tanah untuk rakyat, bukan untuk korporasi (perusahaan),” jawabnya.

Ketua Partai Buruh Banten, Tukimin mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 2 kursi anggota DPR RI dari dapil Banten dan 3 kursi Untuk DPRD Banten.

“Untuk DPRD Kabupaten Tangerang, kita targetkan 3 kursi juga,” pungkasnya. (Reporter: Iqbal Kurnia / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button