Lingkungan

Bupati Serang Instruksikan BPBD Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang untuk bersiaga turun memberikan imbauan serta bantuan kepada masyarakat dalam menghadapi cuaca ekstrem yang melanda wilayah Kabupaten Serang.

“Mereka harus diberikan pemahaman kalau ada bencana, mereka harus sudah tahu ke mana mereka harus menyelamatkan diri,” ujar Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Pemkab Serang. Selasa, (7/12/2022).

Tatu mengatakan, kelengkapan alat pendeteksi dini bencana yang ada di Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG) diharapkan bisa memberikan pengumuman akan adanya bencana dengan akurat. Ini supaya masyarakat bersiaga dalam menghadapi bencana.

“Saya berharap sih alat-alat nya dilengkapi, supaya deteksi itu ada spare waktu yang cukup. Tidak hanya misalnya satu jam dua jam baru dikasih tahu. Nah mereka kan masyarakat juga kayaknya persiapan untuk menyelamatkan diri dari bencana kan agak sulit,” harapnya

Bupati Serang memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap selalu waspada dan memperhatikan titik daerah aman bencana yang diberikan oleh BPBD Kabupaten Serang.

“Gak usah panik yah, yang penting kita tau apa yang harus kita lakukan. Nah ini, jajaran pemerintah daerah khususnya BPBD harus memberikan pemahaman yang lengkap, jadi masyarakat juga tidak bingung, mana titik dataran tinggi untuk menyelamatkan diri mereka sudah tau,” ucapnya.

Sebelumnya, Walikota Serang, Syafrudin mengaku mengambil langkah untuk mengantisipasi prediksi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) soal cuaca ekstrem yang bakal melanda Indonesia hingga 9 Desember 2021 (Baca: Walikota Serang Mengaku Antisipasi Prediksi Cuaca Ekstrem BMKG).

Pemkot Serang sudah melaksanakan antisipasi untuk menjaga adanya musibah. Kan diprediksi Desember ini cuaca ekstrem atau kurang bagus,” ucap Syafrudin saat ditemui di Hotel Dewiza, Kota Serang, Senin (6/12/2021).

Syafrudin mengungkapkan, Pemkot Serang melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mempersiapkan untuk antisipasi permasalahan-permasalahan bencana yang akan terjadi.

“Kami sudah siapkan melalui BPBD untuk mengantisipasinya,” ungkap orang nomor satu di Kota Serang ini.

(Reporter: M Uqel / Editor: Iman NR)

M Uqel

SELENGKAPNYA
Back to top button