Kesehatan

Operasi Gabungan Penegakan Prokes Covid 19 di Pasar Lama Serang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepolisian, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP pun menggelar operasi gabungan di Pasar Lama, Kota Serang, Kamis (3/2/2022).

Personel gabungan tersebut memberikan himbauan dengan pengeras suara agar mematuhi protokol kesehatan.

Petugas-petagas tersebutpun ada yang membagikan masker, handsanitizer dan berkeliling ke sudut-sudut pasar untuk memberikan himbauan.

Kepala BPBD Kota Serang, Diat Hermawan mengatakan, dengan diturunkannya Inwal nomor 3 tahun 2022 tentang PPKM Level 3, maka pihaknya turun ke lapangan untuk menghimbau masyarakat tentang perilaku dan penanganan prokes.

“Saya melihat protokol kesehatan sudah melonggar. Jadi masyarakat dengan kepedean sudah vaksin. Bisa dilihat banyak pelaku pasar dna lelaku oerjakanan banyak yg melanggar.” ungkapnya saat ditemui di lokasi.

Padahal, jelasnya, varian omicron ini menurut keterangan ahli kesehatan justru banyak yang menyerang yang sudah divaksin.

“Mudahan-mudahan dengan himbauan ke lapangan dan operasi gabungan ini perilaku masyarakat tetap waspada.

Menurutnya, Omikron ini penyebarannya 5 kali lebih cepat dari pada varian-varian sebelumnya. “Kami coba bagikan masker, handsanitizer dan sabun cair,” katanya.

Kegiatan operasi tersebut selain di Pasar Lama, akan juga digelar di Pasar Rau, Pasar Kepandean dan beberapa titik keramaian secara bergilir.

“Besok di Rau, besoknya lagi di kepandean, terus berputar lagi kesini. Konsentrasi di titik keramaian,” katanya.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengaktifkan kembali rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) setelah angka kasus Covid 19 menunjukan kecenderungan terus naik (Baca: Rumah Isolasi Diaktifkan lagi, Angka Covid Kota Tangerang Terus Naik).

Saat ini, RIT di Batusari, Kelurahan Jurumudi Kecamatan Batu Ceper telah disiapkan untuk menampung pasien Covid19. Adapun kapasitas yang tersedia yakni sebanyak 59 tempat tidur.

Di Kota Tangerang telah difungsikan kembali dua RIT, menyusul RIT Jurumudi Baru dengan kapasitas 67 tempat tidur.

“Data terkini, RIT Jurumudi Baru telah terisi 65 pasien covid-19 dengan Bed Occupancy Rate (BOR) di angka 97,01 persen. Alhasil, kami harus membuka satu RIT lagi, untuk menampung pasien isolasi. RIT Batusari dibuka sejak Jumat (28/1) dan sudah terisi 31 pasien dengan BOR di angka 52,54 persen,” papar dr Dini Anggraeni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, saat dihubungi, Senin (31/1/22).

(Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button