Warga Kota Tangerang Diminta Manfaat RS dan RIT Untuk Isoman

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang mengimbau warga yang sedang isolasi mandiri (Isoman) memanfaatkan fasilitas rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) dan RS untuk memulihkan akibat terpapar virus Covid 19.

Sebab penanganan Covid di Kota Tangerang semakin membaik. Bed Occupancy Rate (BOR) Kota Tangerang turun dari 95 %, kini menjadi 65,74% untuk rumah sakit (RS). Sedangkan rumah isolasi terkosentrasi (RIT) mencapai 40%. Angka itu terjadi seiring dengan optimalisasi pengendalian pandemi Covid 19. Tingkat kesembuhan warga yang isolasi mandiri (Isoman) mencapai 98%.

“Saat ini keterisian tempat tidur untuk covid 19 kian stabil. Jadi pasien isoman bisa memanfaatkan fasilitas isolasi terpusat agar terpantau dengan baik dan benar. Terlebih mereka yang berusia di atas 55 tahun, punya komorbit dan kondisi rumah tak memungkinkan menjadi ruang isolasi,” kata Liza Puspadewi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Jumat (30/7/2021).

Liza memastikan warga yang isoman di rumah tetap mendapat kiriman obat dari Puskemas dan makana dari Satgas Covid setempat.

Bagi warga yang isoman di rumah, Liza memastikan bahwa tetap dapat kiriman obat dari Puskesmas dan permakanan dari Satgas Covid-19 setempat.

“Dengan isolasi di faskes terpusat, kami dapat memantau dengan baik jika kondisi buruk pasien terjadi. Dengan dijaga dokter dan perawat selama 24 jam, pemulihan pasien juga akan semakin cepat. Selain itu juga, melindungi orang-orang terdekat tidak terpapar virus, khususnya keluarga,” papar Liza.

Liza menjelaskan hingga saat ini pemantauan pasien isoman dilakukan melalui aplikasi Sirona dan website https://covid19.tangerangkota.go.id/pendataan_isman/daftar yang dikeluarkan Diskominfo.

“Terkait pasokan obat-obatan, mereka yang lapor dan memeriksakan kondisinya di Puskesmas, secara otomatis petugas akan memberikan paket obat-obatan. Serta, memberikan nomor dokter Puskesmas yang bisa dihubungi untuk konsultasi kondisi hariannya secara lebih lanjut,” ujarnya. (Reporter: Eky Fajrin / Editor: IN Rosyadi)

Baca Juga:   Dinkes Kota Tangerang Gelar Trauma Healing Paska Kebakaran Lapas

Berita Terkait