Dua Kali Bupati Serang Terima Penghargaan Katagori Kabupaten Terbaik

Pemerintah Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Bupati Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa kembali meraih prestasi tingkat nasional. Untuk kedua kali, Tatu menerima penghargaan dari ajang Indonesia Attractiveness Award yang digelar Frontier Consulting Group (Tempo Media Group).

Pada ajang ini, Kabupaten Serang dinobatkan sebagai “Kabupaten Terbaik” kategori diamond. Penghargaan diberikan pihak Frontier Media Group kepada Bupati Serang di Java Ballroom Westin Hotel, Jalan Rasuna Said kav. C 22 Kuningan Jakarta, Jumat malam, 29 September 2017.

CEO Frontier Consulting Group Handi Irawan mengatakan, penilaian terhadap daerah terbaik menggunakan empat komponen utama yakni, tingkat investasi, jumlah infrastruktur, pelayanan publik dan pariwisata. Dari keempat komponen itu, kata dia, maka dihasilkan Indonesia Attractiveness Index (IAI) yang digunakan untuk melakukan pemeringkatan daerah terbaik.

Handi menuturkan, empat kriteria penilaian itu dipertahankan dari tahun ke tahun agar terdapat kontinuitas penilaian. Sehingga, kata dia, para pemimpin daerah mampu melihat rekam jejak mereka . “Kalau metodenya berubah-ubah kan orang jadi tidak bisa melihat apa daerah itu maju atau tidak,” kata dia.

Untuk menghasilkan pemeringkatan IAI, digunakan metodologi penelitian kuantitatif. Tim peneliti menyisir data sekunder dan primer (Mystery calling, analisis digital dan media sosial) dari 508 kabupaten/kota. Pengumpulan data primer dilakukan dari Mei hingga Juni 2017. Sedang data sekunder sejak awal 2016.

Dari 508 kabupaten/kota, hanya 136 kabupaten/kota yang meraih penghargaan ini. Hanya Kabupaten Serang dari Provinsi Banten yang meraih kategori Kabupaten Terbaik hasil Frointer Consulting Group. Untuk Kabupaten Serang, penghargaan ini diraih untuk kedua kali, dari sebelumnya tahun 2016 mendapatkan award serupa.

Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Bupati Ratu Tatu Chasanah dan Wakil Bupati Pandji Tirtayasa memang terus melakukan kerja-kerja efektif. Mulai dari kemudahan perizinan investor, menarik wisatawan dengan penataan objek wisata dan pelaksanaan event pariwisata, pengembangan UMKM melalui sinergi bank-PT Jamkrida Banten-Forum UMKM, perbaikan infrastruktur yang diikat oleh peraturan daerah, hingga efektivitas kerja dan efisien anggaran pemerintah daerah.

Bupati Ratu Tatu Chasanah mengaku bersyukur dan bangga atas penghargaan tersebut. Kata dia, dirinya tidak bekerja sendiri hingga Kabupaten Serang mampu meraih predikat Kabupaten Terbaik untuk kedua kali. “Saya dengan Pak Pandji Tirtayasa dibantu oleh aparatur Pemkab Serang yang luar biasa. Kami bersinergi dengan partisipasi masyarakat, membangun Kabupaten Serang dengan sepenuh hati, pikiran, dan kerja-kerja efektif,” ujarnya.

Tatu menyatakan, penghargaan ini harus menjadi motivasi dan memacu kinerja Pemkab Serang ke arah yang lebih baik. Tentu para pengusaha baik kecil, menengah, dan besar berkontribusi dalam penghargaan ini dan terutama pembangunan di Kabupaten Serang. “Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Kabupaten Serang,” ujarnya. (Press Rilis / Kiki Fauzi)

Berita Terkait