Lingkungan

Walikota Serang Mengaku Antisipasi Prediksi Cuaca Ekstrem BMKG

Walikota Serang, Syafrudin mengaku mengambil langkah untuk mengantisipasi prediksi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) soal cuaca ekstrem yang bakal melanda Indonesia hingga 9 Desember 2021.

Pemkot Serang sudah melaksanakan antisipasi untuk menjaga adanya musibah. Kan diprediksi Desember ini cuaca ekstrem atau kurang bagus,” ucap Syafrudin saat ditemui di Hotel Dewiza, Kota Serang, Senin (6/12/2021).

Syafrudin mengungkapkan, Pemkot Serang melalui Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah mempersiapkan untuk antisipasi permasalahan-permasalahan bencana yang akan terjadi.

“Kami sudah siapkan melalui BPBD untuk mengantisipasinya,” ungkap orang nomor satu di Kota Serang ini.

Menurutnya, salah satu daerah yang menjadi fokusnya adalah di daerah Kecamatan Kasemen.

“Daerah yang rawan bencana itu di Kasemen, ada juga di daerah pegunungan di Taktakan, tapi tidak separah kasemen karena kerap kena banjir,” katanya.

Sebelumnya, BMKG menyampaikan peringatan dini agar warga waspada datangnya La Nina menjelang akhir tahun hingga awal tahun 2022, khususnya di Kota Tangerang (Baca: La Nina Datang, BMKG Beri Peringatan Dini Warga Kota Tangerang).

Ini terkait fenomena sering turunnya hujan lebat pada siang hari hingga sore hari, menyebabkan sejumlah lokasi digenangi air.

“Dengan adanya potensi peningkatan curah hujan pada periode musim hujan tersebut, maka masyarakat Kota Tangerang perlu kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap potensi lanjutan dari curah hujan tinggi yang berpotensi memicu bencana hidrometeorologi. Harus kita antisipasi bersama-sama,” kata Suwardi, Kepala BMKG Kota Tangerang, Rabu (27/10/2021).

Diperkirakan sebagian wilayah Indonesia akan memasuki periode musim hujan mulai Oktober ini, salah satunya Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Sedangkan, didasarkan pada kejadian La Nina tahun 2020 lalu dan hasil kajian BMKG menunjukkan, bahwa curah hujan mengalami peningkatan pada November-Desember-Januari, demikian dijelaskan Suwardi, Kepala BMKG Kota Tangerang. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button