Sebanyak 14.560 Botol Vaksin Covid Sudah Tiba di Banten

Vaksin Covid 19 dari Biofarma untuk wilayah Banten sudah tiba di Kota Serang, yang selanjutnya akan didistribusikan ke delapan kabupaten dan kota. Vaksin itu datang malam ini, Ahad, 3 Januari 2021 sekitar pukul 19.45 wib dengan pengawalan ketat pihak kepolisian.

“Datang, sekitar pukul 19.45 wib. Langsung di masukkan tadi, kita melakukan pengawalan tadi dari Brimob, diberangkat dari Bandung, dari Biofarma,” kata Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Roem Taat, Ahad (3/1/2021).

Polda Banten menceritakan bahwa tanggal 16 Januari 2021, semua vaksin harus terdistribusi ke delapan kabupaten dan kota. Jumlah vaksin yang diterima Provinsi Banten berjumlah 14.560 botol.

“Pengirimannya kita kawal dari sini, tanggal 16 (Januari) itu kan harus terdistribusikan ke kabupaten dan kota di Banten. Vaksin ini ada sekitar 14.560 di 8 boks,” jelasnya.

Pengiriman vaksin dikawal dengan ketat, semenjak dari Bandung. Kemudian keluar di Gerbang Tol (GT) Serang Timur (Sertim), selanjutnya dikawal oleh personil Brimob Polda Banten.

Penjagaan selama 24 jam juga dilakukan oleh polisi di sekitar gudang penyimpanan vaksin covid. Pengamanan dilakukan bersama oleh pegawai Dinkes Banten.

“Kita akan melakukan pengamanan 24 jam bersama Dinas Kesehatan,” terangnya.

Sebelumnya,Ahad (3/1/2021) malam ini, vaksin covid-19 melintasi Selat Sunda melalui Pelabuhan Merak dan bersandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Vaksin covid sudah dikirim sejak siang tadi dari kantor Biofarma di Bandung, Jawa Barat (Jabar). (Baca: Vaksin Covid Dikirim Sumatera Melalui Pelabuhan Merak)

“Pengamanan terhadap vaksin covid 19 yang tadi start dari Bandung siang hari, tiba di Pelabuhan Merak malam, Polres Cilegon melakukan pengamanan jalur,” kata Kapolres Cilegon, AKBP Sigit Haryono ditemui di Mapolsek Anyer, Ahad (3/1/2021).

Kapolres belum mengetahui jumlah vaksin yang dibawa dalam mobil, pihaknya hanya bertugas melakukan penjagaan. Pengawalan ketat dilakukan di atas kapal Ferry yang membawa vaksin covid-19.

Tidak ada kapal khusus yang disediakan. Vaksin diangkut menggunakan kapal reguler yang juga di isi oleh penumpang dan kendaraan umum lainnya. (Yandhi Deslatama)

Berita Terkait