Hukum

Setelah Napi Kabur, Lapas Tangerang Lakukan Pemeriksaan Internal

Lapas Kelas 1 Tangerang melakukan pemeriksaan internal setelah seorang narapidana narkoba berinisial A kabur. Sedangkan pengejarannya dilakukan bersama kepolisian.

“Intinya pernyataan saya bahwa kita sedang fokus pengejaran dan pencarian kepada satu napi yang kabur itu,”ujar Nirhono Jatmokoadi, Kepala Lapas Kelas I Tangerang, Senin (13/12/2021).

Selain itu, pemeriksaan internal juga dilakukan agar mengetahui persis kronologis kaburnya narapidana seperti apa dan bagaimana.

Disinggung soal beredarnya kabar narapidana yang kabur pada saat bekerja di tempat cuci mobil, Nirhono tidak mau berkomentar.

“Terkait tadi mampir kemana, yang tahu hasil pemeriksaan nanti disinergikan dari beberapa data itu, pengakuan dan sebagainya dan jika nanti jika yang bersangkutan ditemukan. Diklopkan apakah seperti itu tidak,”imbuhnya.

Demikian pula saat di konfirmasi mengenai beredarnya informasi narapidana yang kabur itu sempat mampir ke rumah istrinya, ia tidak mau menjawab pasti.

“Kami belum bisa menentukan sepeti itu bos, intinya masih dalami, masih bekerja, gak semudah itu. Mohon doanya bisa segera dapat napinya,”pungkasnya.

Sebelumnya, seorang narapidana atau warga binaan kasus narkoba berinisial A melarikan diri daei Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang.Narapidana itu saat ini dalam pengejaran kepolisian dan lembaga terkait (Baca: Narapidana Narkoba Kabur dari Lapas Kelas 1 Tangerang).

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen PAS Kemenkumham), Rika Aprianti mebenarkan adanya penghuni Lapas Klas I Tangerang yang kabur. Peristiwa kaburnya napi tersebut terjadi pada Rabu (8/12/201).

“Iya betul saat ini sedang dilakukan pencarian kepada yang bersangkutan. Kami bekerjasama dengan Kepolisian,” ujarnya melalui aplikasi perpesanan, Minggu (12/12/2021).

Rika belum menjelaskan kronologis lengkapnya napi itu dapat melarikan diri dari Lapas yang dijaga ketat. Hanya saja, ia menyebutkan bahwa inisial napi itu yakni A, dengan kasus narkoba. Pihaknya pun juga sudah melakukan penyelidikan penyebab napi bisa melarikan diri. (Reporter: Eky Fajrin / Editor: Iman NR)

Eky Fajrin

SELENGKAPNYA
Back to top button