Sosialisasi SIMASN, Pemkot Percepat Digitalisasi Data Kepegawaian

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar kegiatan sosialisasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen ASN (SIMASN).

Kegiatan sosialisasi aplikasi SIMASN tersebut diikuti sebanyak 100 pegawai yang terbagi dalam dua tahap, tahap pertama berlangsung selama dua hari pada tanggal 12 – 13 November 2020 dan tahap kedua pada 23 – 24 November 2020.

Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam sambutannya dalam pembukaan acara sosialiasi SIMASN mengharapkan dengan adanya aplikasi SIMASN bisa semakin memudahkan setiap pegawai dalam melakukan pembaharuan data kepegawaian secara mandiri.

“Aplikasinya bisa semakin user friendly, agar proses digitalisasi bisa rampung dilakukan. Nantinya bukan cuma PNS tapi bisa mencakup yang THL,” tutur Arief dalam pembukaan acara yang berlangsung secara daring, Kamis (12/11/2020).

Targetnya, lanjut Arief, pada awal tahun 2021 setiap pegawai Pemkot Tangerang sudah memiliki akun untuk semakin memudahkan proses digitalisasi arsip data kepegawaian.

“Agar semakin mempermudah verifikasi, contohnya dalam setiap proses kenaikan pangkat pegawai,” jelasnya.

Lebih lanjut Arief menjabarkan proses pembaharuan data kepegawaian bisa menjadi salah satu tambahan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap ASN Pemkot Tangerang.

“Kasih jangka waktu, kalau tidak dilakukan maka akan berdampak ke tunjangan masing – masing pegawai,” pungkas Arief.

Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan Sistem Informasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (SIMASN) yang merupakan pengembangan lanjutan dari Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SIKDA).

Pemberlakuan aplikasi SIMASN tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Tangerang dalam meningkatkan pelayanan kepada PNS dan PPPK.

SIMASN ini bertujuan untuk kemudahan validasi data kepegawaian dalam upaya pengembangan kualitas dan profesionalitas serta sistem informasi kepegawaian yang bersifat secara online. (Rivai Ikhfa)

Next Post

Pilkada Serentak di Banten: Sekali Memilih Dampaknya Hingga 5 Tahun

Jum Nov 13 , 2020
Pemilih cerdas akan menentukan pilihannya setelah menelusuri rekam jejak para calon kepala daerah dalam Pilkada Serentak di Banten. Bukan dalam konteks primordialitas, tetapi integritas, kapabilitas, kapasitas, dan prospek calon kepala daerah kedapan yang diharapkan mampu menjadi kepala daerah yang mumpuni. “Benar, Amanah , Terpercaya, Komunikatif “. Oleh: Yusvin Karuyan Beberapa […]