Suasana Malam di Pelabuhan Merak Jelang Puncak Arus Mudik

Suasana Pelabuhan Penyeberangan Merak pada malam hari jelang puncak arus mudik Lebaran 2019. Foto: Sofi Mahalali

Gelapnya malam menemani ribuan mobil dan motor para pemudik dari berbagai daerah masuk ke Pelabuhan Merak untuk menyebrang ke Pelabuhan Bakauheni pada H-4 Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (1/5/2019). Wajah-wajah kebahagiaan terlihat dari setiap pengendara dan penumpang untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman.

Di tempat parkir, mesin mobil ataupun motor satu per satu dimatikan untuk mengirit bahan bakar ketika menanti kendaraanya dapat masuk ke dalam Kapal Roro. Sebagian penumpang memilih untuk beristirahat sembari meminum kopi ataupun membeli jajanan dari para pedagang asongan yang mengais rejeki di Pelabuhan itu. Sebagian lagi memilih beristirahat di dalam mobil.

Di jalur khusus para penumpang yang tidak membawa kendaraan. Para pemudik tengah mengantri giliran untuk dapat masuk kedalam kapal yang akan membawa mereka pulang ke kampung halaman.

Pada mudik lebaran, semakin malam kendaraan yang masuk ke Pelabuhan ini semakin banyak. Lalu lalang kendaraan, baik sepeda motor, mobil pribadi, dan bus pun silih berganti menuju pintu kapal.

Baca:

Kabag Ditopnal Ditlantas Polda Banten, AKBP Hamdani menuturkan, pada H-4 di Pelabuhan Merak, kondisi arus mudik berbeda pada H-5 yang terpantau normal. Malam ini mulai dipadati oleh kendaran R4 dan R2 sekira pukul 24.00 s/d 01.30 malam.

“Jadi di semua dermaga sekarang penuh dengan kendaraan R4 dan R2. Peningkatan kendaraan arus mudik terjdi pukul 12.30 sampai 01:30 malam, untuk peningkatan ini mencapai 80 persen, Ini luar biasa,” ujarnya saat ditemui di Dermaga II Pelabuhan Merak, Sabtu (01/06/19) dini hari.

Kapal Roro mulai bersandar, pemberitahuan dari pengeras suara mulai berbunyi. Para penumpang dan kendaraan mulai silih berganti keluar dari dalam Kapal. Sementara di parkiran, para pemudik yang dari tadi menunggu, mulai menghidupkan kendaraannya satu per satu. Begitupun dengan para pemudik yang berjalan kaki ke dalam kapal. Tak berselang lama, parkiran pun mulai kembali dipenuhi oleh kendaraan.

Sementara para petugas gabungan pengamanan arus mudik lebaran, tengah sibuk mengatur ritme dan arah kendaraan yang akan masuk ke Dermaga Pelabuhan Merak. Dari hand talking yang terselip di rompi hijau para petugas, suara monitor terus berbunyi mengabarkan informasi arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon.

Hamdani menyarankan, bagi seluruh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik, apabila ingin mendapatkan diskon 10 persen maka harus di siang hari. Karena, ketika di malam hari tiket akan dimaikan sekitar 10 persen. (Sofi Mahalali)