Subadri: CPNS Diharapkan Warnai Kemajuan Kota Serang

Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin, mengharapkan hasil pelatihan dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil dapat mewarnai kemajuan Kota Serang. Demikian dikatakan Subadri seusai membuka acara Orientasi Latsar bagi CPNS di lingkungan Pemerintah Kota Serang, di Hotel Puri Kayana, Jumat (22/3/2019).

Wakil Walikota Serang menegaskan, ketika para CPNS dapat lolos menjalani pelatihan dasar ini. Maka mau tidak mau harus bertugas di Kota Serang meski ditempatkan di daerah pelosok.

“Ini sudah ada ketentuannya, sesuai mereka (para CPNS-red) mendaftar. Jadi karena dari awal mereka mendaftar calon pegawai di Kota Serang sesuai usulannya. Maka harus siap ditempatkan dimanapun,” ujarnya.

Subadri menuturkan, selain memenuhi undang-undang nomer 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Latsar ini dilakukan untuk membentuk seorang pegawai yang berkarakter dan setia pada NKRI. Subadri mengatakan, pada kegiatan ini melibatkan pihak Widiyaswara, BKPSDM Provinsi Banten dan Kota Serang.

Baca: Rano: Penyatuan KNPI Harus Dimulai Dari Pengurus Pusat

“Nanti diharapkan bisa menjadi unsur pemerintahan yang mampu menjalankan amanah yang diemban, dan menjadi pegawai yang handal serta dapat menjalankan tupoksinya masing-masing,” ujarnya.

Sementara Kepala BKPSDM Kota serang Yoyo Wicaksoni mengatakan, terdapat 14 orang dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Serang yang terlibat menjadi mentor dalam Latsar CPNS ini. Adapun untuk peserta yang mengikuti Latsar tersebut sebanyak 151 orang dari dua golongan, yakni golongan 2 sebanyak 140 dan golongan 3 sebanyak 11 orang.

“Rencana dengan jumlah 151 orang ini akan dibagi empat angkatan. Kenapa sekarang kita orientasi, karena tanggal 1 April 2019 mereka harus Diklatsar, 2 kelas sebanyk 80 orang,” katanya.

Yoyo menegaskan, Diklatsar tersebut merupakan syarat diangkat menjadi CPNS, dan jika tidak lulus maka tidak diangkat menjadi pegawai negeri sipil. Ia mengatakan, orientasi pelatihan dasar ini paling banyak diikuti dari Dindikbud Kota Serang Sebanyak 79 orang, RSUD Kota Serang 23 orang, Dinkes Kota Serang 15 orang, Distan Kota Serang 8 orang, Dinas PUPR Kota Serang 7 orang, BKPSDM 4 orang, Diskominfo 4 orang, Dishub 4 orang, Disperindagkop 3 orang, Bappeda 2 orang, dan Disparpora Kota Serang 2 orang.

“Kriteria lulus CPNS ini, diantaranya harus lulus Diklatsar, dan yang kedua selama 1 tahun massa percobaan tidak melakukan perbuatan yang indisipliner,” ungkapnya. (Sofi Mahalali)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait