Tim Buser Polres Serang Tangkap Dua Pembobol ATM

Dua pelaku pembobolan uang tabungan dari mesin anjungan teler mandiri (ATM) berhasil diringkus Tim Buru Sergap (Buser) Polres Serang. Dua pelaku berinisial DS, 20, dan An, 23, ditangkap sesaat setelah beraksi membobol di ATM Bank BRI di areal pabrik PT Lung Cheong, Desa Sentul, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Sabtu (12/1/2019).

Dari kedua tersangka diamankan barang bukti berupa, 1 buah kawat dan pinset, 1 kartu ATM BRI, serta 4 lembar uang pecahan 50 ribu. Selain itu turut diamankan juga 2 buah handphone serta motor Honda Beat tanpa plat nopol.

“Kedua tersangka berikut barang bukti sudah diamankan di Mapolres Serang. Keduanya masih dalam pemeriksaan dan pengembangan untuk proses pengungkapan jaringan yang lebih tinggi pembobol ATM,” ujar Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan melalui Kabid Humas Polda Banten, AKBP Edy Sumardi melalui pesan tertulis, Minggu (13/1/2019).

Edi menjelaskan modus operandi yang dilakukan kawanan pembobol uang tabungan ini dengan cara mencongkel lubang tempat uang keluar dengan menggunakan dengan menggunakan kawat dan pinset. Setelah lubang terbuka, pelaku menarik uang dengan menggunakan alat penjepit lainnya.

“Kedua pelaku telah melakukan aksinya sebanyak dua kali di tempat yang sama. Aksi yang pertama dilakukan pada Jumat (11/1/2019) sekitar pukul 02.00 dini hari, sedangka yang kedua Sabtu sekitar pukul 04.00,” terang Kabid Humas.

Terungkapnya kasus pembobolan mesin ATM ini, sambung Edi, bermula dari laporan petugas Bank BRI yang mencurigai adanya kerusakan pada mesin ATM. Berbekal dari laporan itu, Tim Buser langsung melakukan pengintaian di sekitar lokasi mesin ATM pada Sabtu dini hari. Sekitar pukul 04.00, muncul dua pria menggunakan motor tanpa plat nopol masuk dalan ruangan ATM.

“Begitu keluar dari ruangan ATM, petugas langsung menangkap. Dalam penggeledahan didapat sejumlah alat bukti dan tersangka langsung digelandang ke Mapolres Serang untuk diperiksa lebih lanjut,” ujarnya seraya mengatakan keduanya dijerat Pasal 363 KUHP. (yono)

Berita Terkait