Yonranratfib 2 Mar Gelar Latihan Komunikasi Taktis Jelang Latgab TNI 2019

latihan alat komunikasi

Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) menggelar Latihan Komunikasi Taktis (Latkomtis) untuk kesiapan mengahadapi latihan gabungan (Latgab) TNI 2019 yang dilaksanakan di Trian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung, Surabaya, Selasa (27/08/2019).

Prajurit “Figther Sejati” Yonranratfib 2 Mar yang telibat dalam Latgab TNI 2019 melaksanakan latkomtis menggunakan jenis radio PRC-999 KIEC dan radio Hand hel MR 3000 dengan instruktur latihan Sertu Mar Rohman Setiono dari Yonkomlek 2 Mar.

Latihan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan prajurit terutama saat berkomunikasi via radio di medan tempur maupun medan latihan. Selain itu latihan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk meyakinkan awak kendaraan tempur (Ranpur) dapat menerima dan memahami perintah satuan atas pada saat manuver ranpur melalui radio tempur.

Baca:

Kemampuan Komunikasi

Komandan Yonranratfib 2 Mar Mayor Marinir Iwan Permana menyampaikan, kemampuan personel untuk berkomunikasi lewat radio merupakan kunci penting sebagai awak ranpur dalam melaporkan maupun menerima perintah pimpinan serta menjalin komunikasi dengan satuan kawan pada saat melaksanakan tugas operasi tempur maupun latihan guna tercapainya keberhasilan, mengingat komunikasi merupakan urat nadi pertempuran sebagai unsur utama dalam menyampaikan strategi di lapangan, maka kemampuan prajurit dalam mengoperasikan radio harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Sebagai prajurit ranpur yang hanya mengandalkan radio sebagai mata dan telinga pada saat berada di dalam ranpur maka dengan komunikasi radio, diharapkan agar seluruh informasi dan kejadian penting harus dikomunikasikan secara cepat dan akurat. Selain itu, informasi juga harus disampaikan dengan bahasa sederhana, mudah dipahami dan tidak menimbulkan miscommunication antara Satuan atas, Satuan bawah, Satuan kawan maupun Satuan samping yang berada di lapangan.

“Kepada prajurit agar memahami semua alat komunikasi serta sandi-sandi yang digunakan pada saat Latgab TNI nantinya,” pesan Komandan Yonranratfib 2 Mar di gedung Graha Adhi Brata Sesko TNI Bandung dalam rangka galadi posko Latgab TNI 2019. (yosafat rh/menkav 2 mar)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait