Menbanpur: Latihan Patroli Tempur, Cari Radio Hingga Dukung Pasukan

Tiga batalayon di Resimen Bantuan Termpur (Menbanpur) 2 Marinir mengelar latihan, Senin (15/6/2020). Ketiganya adalah Batalyon Polisi Militer (Yonpom) 2 Mar berlatih patroli tempur, Batalyon Komunikasi Elektronik (Yonkomlek) 2 Mar mencari instalasi radio musuh dan Batalyon Perbekalan dan Peralatan (Yonbekpal) 2 Mar mendukung pasukan kawan.

Yonpom Latihan Patroli Tempur

Prajurit Batalyon Polisi Militer 2 Marinir (Yon POM 2 Mar) melaksanakan serangkaian latihan patroli tempur (Trolpur) di Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra Karangpilang, Surabaya. Senin (15/06/2020).

Kegiatan ini merupakan program pelaksanaan Latihan Perorangan Dasar/Kesenjataan (LPD/LPK) TW II Tahun 2020. Tujuannya memelihara, meningkatkan dan mengasah naluri tempur para prajurit Yon POM 2 Mar agar tetap terpelihara baik di satuan maupun di daerah operasi.

Lettu Laut (PM) Ahmad Mayudha, Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) menjelaskan, latihan Trolpur ini meliputi patroli penyelidik. Patroli ini berfungsi melaksanakan penyelidikan komposisi pasukan, kekuatan serta peralatan yang digunakan musuh. Kemudian ada latihan patroli sektor. Patroli ini berfungsi mengecek sektor-sektor pertahanan yang dimiliki musuh, termasuk seberapa besar kekuatan pertahanan musuh.

Komandan Yon POM 2 Mar Letkol Laut (PM), Edwin Heryana menyampaikan, latihan ini merupakan sarana untuk meningkatkan profesionalisme dan memelihara kemampuan tempur prajurit. “Dengan diselenggarakannya latihan ini, diharapkan prajurit mampu meningkatkan kemampuan dan kualitas bertempur, sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok guna menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang,” ungkapnya. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Baca:

Batalyon Komlek 2 Mar Berlatih membaca peta untuk mencari instalasi radio musuh. (Foto: Yosafat RH/Menbanpur 2 Mar)

Yonkomlek Latihan IMMP Patroli Radio Musuh

Batalyon Komunikasi dan Elektronik (Yonkomlek) 2 Mar berlatih ilmu medan membaca peta (IMMP) untuk mencari instalasi radio musuh. Latihan ini digelar di Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Senin (15/6/2020).

Latihan IMMP ini dilaksanakan dalam rangkaian program Latihan Perorangan Dasar Tri Wulan II (LPD TW II) Tahun 2020. Latihan ini bertujuan setiap prajurit Yonkomlek 2 Mar dituntut untuk mahir meningkatkan akurasi dalam menentukan lokasi Instalasi radio musuh.

Komandan Yonkomlek 2 Mar, Letkol Mar Rizal Ikqwan Nusofa berpesan agar memanfaatkan waktu luang untuk berlatih kesenjataan sehingga tugas tugas ke depan terlaksana dengan lancar, sukses dan tetap mengutamakan Zero Accident.

Pada era modern ini teknologi elektronika sudah berkembang dengan pesat, khususnya pada materi IMMP ini sudah berkembang dengan baik. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Prajurit Yonbekpal 2 Mar berlaih mendukung pasukan kawan untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertempuran. (Foto: Yosafat RH / Menbanpur)

Yonbekpal Dukung Pasukan Kawan

Batalyon Perbekalan dan Peralatan 2 Marinir (Yonbekpal 2 Mar) mengadakan latihan pendistribusian bekal kelas V (munisi kaliber kecil) kepada satuan kawan yang dilaksanakan di lapangan tembak FX. Soepramono Kesatrian Marinir Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Senin (15/06/2020).

“Untuk menjamin diterimanya material perbekalan oleh satuan pemakai dalam keadaan baik, jumlah, jenis dan waktu yang tepat untuk memberikan daya gerak dan daya tembak yang sebesar-besarnya sehingga tercapai kemenangan, merupakan salah satu tugas pokok Prajurit Batalyon Bekpal 2 Mar dalam mendukung Operasi Militer Perang,” jelas Lettu Marinir R. Yonnie Hermansyah selaku instruktur di lapangan.

Dalam latihan ini, disimulasikan apabila satuan infanteri di garis depan membutuhkan pasokan bekal dan meminta kepada Danton Bek supaya segera dilaksanakan pendukungan, maka selanjutnya Danton Bek dengan sigap memerintahkan Regunya untuk melaksanakan pendistribusian sesuai dengan titik koordinat yang telah ditentukan. Melihat terjalnya medan yang harus dilewati maka Regu tersebut memutuskan untuk berjalan kaki agar bekal tepat dan cepat diterima oleh pasukan kawan.

Dalam arahannya, Komandan Yonbekpal 2 Marinir Letkol Marinir Ari Eko Daryanto menyampaikan, perbekalan dan peralatan adalah salah satu kegiatan fungsi logistik yang mendukung berhasilnya taktik untuk memenangkan pertempuran.

Taktik tanpa didukung logistik yang baik akan lumpuh, maka perlu diketahui betapa pentingnya perbekalan dan peralatan ini. Makin baik dan terencananya tugas, maka akan menambah daya gerak dan daya tembak pasukan. Ini berarti bertambahnya daya guna dari kesatuan militer tersebut.(yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait