Yonzeni 2 Mar Praktekan Pembuatan Handak Improvisasi dan Bom Asap

Batalyon Zeni 2 Marinir (Yonzeni 2 Mar) mempraktekan pembuatan bahan peledak (Handak) improvisasi dan bom asap bagi peserta Latihan Dalam Dinas ( LDD ) Handak dan Demolisi TA 2020.

Praktek ini dipimpin Komandan Kompi (Danki) Zipur B, Lettu Mar Nasrudin di lapangan Yonzeni 2 Mar Karangpilang Surabaya, Jumat (14/2/2020).

Praktek pembuatan bahan peledak improvisasi dan bom asap yang dilaksanakan tersebut bertujuan sebagai bekal keterampilan para peserta LDD tentang cara berimprovisasi di lapangan.

Improvusasi ini bila dalam keadaan tertentu diperlukan bahan peledak, yang mana bahan peledak Standart militer tidak tesedia.

Daya Ledak

”Daya ledak Handak improvisasi memang tidak sedahsyat handak militer tetapi dalam jumlah yang besar mampu menghasilkan efek kerusakan yang luar biasa, untuk itu perlu berhati-hati dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan bahan peledak,” tegas Danki Zipur B.

Pada latihan tersebut, dipraktekkan juga cara membuat bom asap berbahan dasar gula, potassium dan zat pewarna dengan komposisi tertentu. Bom asap itu sendiri bisa berfungsi sebagai tabir asap , SOS, tanda lokasi, menentukan arah angin ataupun keperluan lainnya.

Mengaķhiri kegiatan, Danki Zipur B berharap bahwa dengan selesainya pelaksanaan kegiatan tersebut, para peserta mampu mengaplikasikan di lapangan semua pelajaran yang telah diterima selama mengikuti LDD sehingga menjadi prajurit Zeni Marinir yang handal dan professional. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait