Edukasi

30 Mahasiswa STikes Salsabila Serang Lakukan KKN di Curug

Sebanyak 30 mahasiswa Sekolah Tinggi Kesehatan (STikes Salsabila) Serang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) praktik lapangan asuhan kebidanan komunitas, di Kampung Cidadap, Kelurahan Tinggar, Kecamatan Curug, Kota Serang.

Kegiatan KKN mahasiswa Stikes Salsabila ini dilaksanakan selama 9 hari sejak 3 November hingga 11 November 2022.

Ketua KKN Prodi D3 Kebidanan STIkes Salsabila Serang, Leni Halimastusyadiah mengatakan, praktik kerja lapangan Program studi D3 Kebidanan STIKes Salsabila Serang semester V dikuti sebanyak 30 mahasiswa.

“Mahasiswa STIkes ada 30 orang, tersebar di 6 rt di kelurahan Tinggar. Setiap kampung terdiri dari 5 sampai 6 orang,” ungkap Leni saat ditemui di Kampung Cidadap, Kelurahan Tinggar, Rabu (9/11/2022).

Dia mengatakan, praktik lapangan ini memaparkan hasil pendataan, hasil situasi kesehatan ibu dan anak di kampung tersebut, seperti adanya imunisasi, timbangan, dan sampai mengetahui ibu lahir.

“Setelah Musyawarah Mufakat Desa (MMD) dibuat kesepakatan untuk intervensi. Nanti kita prioritas masalah, nanti ditentukan bersama rt/rw, dan kelurahan. Sehingga Hasil dari pendataan kita, untuk evaluasi puskesmas membantu pemerintah juga,” paparnya.

Katanya, dipilihnya kampung Cidadap, karena kelurahaan tinggar merupakan kelurahan yang tertinggal.

“Setelah survei, terpilihnya lokasi di kelurahan tinggar, disini kita memberi pemahaman tentang kesehatan ibu dan anak, kita keliling setiap tahun, kalau desanya yang sudah maju kita tidak kesana,” ujarnya.

Ketua STIKes Salsabila Serang, Fathiyati menuturkan, praktik lapangan ini suatu rutinitas yang harus dilakukan setiap tahun, karena untuk mencapai target sasaran. Bahkan lembaga pun mendukung untuk program tersebut.

Artinya target sasaran tersebut, agar mahasiswa didik STIkes Salsabila menepatkan calon bidan sehingga bisa mengaplikasikan ilmu-ilmu yamg bermanfaat kepada masyarakat.

“Ini bentuk simulasi kecil, ketika mereka menjadi bidan sudah siap untuk menghadapi praktik dunia kerja secara nyata,” terangnya.

Ia pun berpesan kepada mahasiswa prodi kebidanan STIkes Salsabila Serang, agar disiplin ilmu untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. (Aden Hasanudin / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button