Internasional

MSF: Israel dan AS Harus Hentikan Pembantain Besar-besaran di Jalur Gaza

Selama hampir setahun penuh, Israel telah melakukan pembantaian besar-besaran di Jalur Gaza, Palestina. Sejak Oktober 2023 hingga Oktober 2024, perang di di jalur ini menewaskan lebih 41.500 orang, melukai 96.000 orang.

Penduduk telah berulang kali dipindahkan dan dipaksa untuk tinggal di wilayah yang semakin kecil di bawah serangan bom dan kondisi yang semakin tidak manusiawi.

Selama setahun, Israel, Hamas, dan sekutu mereka masing-masing telah gagal mencapai kesepakatan gencatan senjata yang berkelanjutan di Gaza, sementara risiko konflik regional yang lebih besar terus meningkat.

Israel harus segera menghentikan pembunuhan tanpa pandang bulu terhadap warga sipil di Gaza dan segera memfasilitasi pengiriman bantuan untuk meringankan penderitaan di dalam Jalur Gaza, termasuk melalui pembukaan kembali perbatasan vital, sesuai dengan tindakan yang diminta oleh Pengadilan Internasional.

Tim medis Médecins Sans Frontières (MSF) telah merawat pasien setiap hari dengan luka akibat pengeboman besar-besaran. Penduduk mengalami luka bakar parah, tulang hancur, dan beberapa tubuh mereka terpotong.

Sejak perang dimulai, tim MSF telah merawat lebih dari 27.500 pasien yang mengalami cedera akibat kekerasan, dengan lebih dari 80 persen luka terkait pengeboman.

“Pemboman Israel di daerah padat penduduk telah berulang kali menyebabkan cedera dalam skala besar. Tim kami terpaksa melakukan operasi tanpa anestesi, menyaksikan anak-anak meninggal di lantai rumah sakit karena kekurangan sumber daya, dan bahkan merawat rekan kerja serta anggota keluarga mereka sendiri,” kata Dr. Amber Alayyan, manajer program medis MSF.

Tim MSF telah lama menangani dampak dari 17 tahun pendudukan, blokade, dan serangan berulang Israel terhadap penduduk di Gaza, termasuk merawat pasien dengan cedera jangka panjang, kondisi kesehatan mental, dan luka bakar parah yang terjadi sebelum 7 Oktober.

Namun sejak tanggal tersebut, kebutuhan medis semakin meningkat akibat serangan bertubi-tubi Israel di Jalur Gaza, sementara akses ke layanan kesehatan semakin hancur. Saat ini, hanya 17 dari 36 rumah sakit yang berfungsi sebagian.

Pihak yang berperang telah melakukan serangan di dekat fasilitas medis, membahayakan pasien, pengasuh, dan staf medis. Enam rekan MSF juga telah tewas.

Sejak Oktober 2023, staf dan pasien MSF terpaksa meninggalkan 14 fasilitas kesehatan yang berbeda akibat insiden serius dan pertempuran yang terus berlangsung.

Setiap kali fasilitas medis dievakuasi, ribuan orang kehilangan akses ke layanan medis yang menyelamatkan nyawa. Hal ini akan berdampak pada kesehatan masyarakat, tidak hanya dalam jangka pendek, tetapi juga dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Kurangnya akses ke layanan kesehatan diperburuk oleh kekurangan pasokan kemanusiaan di Gaza. Otoritas Israel secara rutin memberlakukan kriteria yang tidak jelas dan tidak terduga untuk mengizinkan masuknya pasokan.

Setelah pasokan masuk ke Jalur Gaza, mereka sering tidak mencapai tujuan akhir karena tidak adanya jalan yang aman, pertempuran yang sedang berlangsung, dan penjarahan makanan serta barang kebutuhan dasar.

“Seiring meningkatnya kebutuhan medis di Jalur Gaza, kemampuan kami untuk merespons semakin terbatas. Jami tidak dapat memasukkan pasokan kemanusiaan dan medis yang cukup ke Gaza,” kata Dr. Alayyan.

Seiring menyusutnya ketersediaan layanan medis, pilihan masyarakat untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang sangat dibutuhkan di Gaza juga semakin terbatas.

Perintah evakuasi berulang telah memindahkan 90 persen penduduk ke apa yang disebut sebagai zona aman, yang tetap saja dibom oleh Israel berulang kali.

Penduduk kini diimbau untuk tetap berada di area kecil seluas 41 kilometer persegi, dengan tempat berlindung, makanan, dan air yang sangat terbatas.

Risiko penyakit semakin meningkat karena kepadatan penduduk yang tinggi. Dari dua juta orang di Jalur Gaza, setidaknya 12.000 orang sangat membutuhkan evakuasi medis.

Evakuasi medis bagi mereka yang membutuhkan, serta hak warga Palestina yang hanya mencari keselamatan bagi diri mereka dan keluarga mereka untuk meninggalkan Jalur Gaza, harus segera difasilitasi, tanpa mengabaikan hak mereka untuk kembali.

Selama 12 bulan terakhir, selain aksi penghancuran yang terjadi, juga ada ketidakpedulian yang sangat memalukan.

“Selama satu tahun, sekutu-sekutu Israel terus memberikan dukungan militer mereka, sementara anak-anak dibunuh secara massal, tank-tank menembaki tempat perlindungan yang seharusnya aman, dan jet-jet tempur membombardir apa yang disebut zona kemanusiaan,” kata Chris Lockyear, Sekretaris Jenderal MSF.

“Ini disertai dengan narasi publik yang konsisten mendehumanisasi penduduk Gaza dan gagal membedakan antara sasaran militer dan nyawa warga sipil. Satu-satunya cara untuk menghentikan pembunuhan adalah dengan gencatan senjata yang segera dan berkelanjutan,” katanya.

Amerika Serikat, khususnya, meskipun baru-baru ini menyerukan gencatan senjata, sering kali berperan dalam mengaburkan, menghalangi, dan merusak upaya gencatan senjata melalui perannya di Dewan Keamanan PBB.

Sementara itu, perang di Gaza memicu ketegangan regional yang mencapai titik kritis. Serangan Israel meningkat di Tepi Barat, dan kini juga di Lebanon, dengan dampak yang sudah sangat merugikan warga sipil.

Berdasarkan hal tersebut, MSF menyerukan sebagai berikut;

1. Gencatan senjata yang berkelanjutan harus segera dilaksanakan.

2. Pembunuhan massal terhadap warga sipil harus segera dihentikan.

3. Penghancuran sistem kesehatan dan infrastruktur sipil harus dihentikan.

4. Blokade di Gaza harus diakhiri.

5. Israel harus membuka perbatasan darat yang vital, termasuk penyeberangan Rafah, untuk memastikan bantuan kemanusiaan dan medis dalam skala besar dapat segera mencapai mereka yang membutuhkan.

6. Israel harus menjamin evakuasi medis bagi mereka yang membutuhkan perawatan medis khusus, termasuk pengasuhnya, dan memungkinkan mereka yang ingin mencari perlindungan di luar negeri untuk melakukannya, sambil memastikan semua orang dapat kembali ke Gaza dengan aman, sukarela, dan bermartabat.

7. Dewan Keamanan PBB harus mengambil tindakan untuk memastikan gencatan senjata sebagai penjamin perdamaian dan keamanan internasional, serta menghentikan kelambanannya terhadap kehancuran yang terus berlangsung di Jalur Gaza. (Cici Riesmasari – LO MSF Indonesia)

Editor Iman NR

Iman NR

Back to top button