MediaBanten TVPartai Politik

Andra Soni Maju Calon Gubernur Banten, Siap Menangkan Pilkada

Andra Soni, Ketua DPRD Banten dari Partai Gerindra siap bertarung dan menenangkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 dan mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Gubernur Banten.

“Tapi semua masih cair dan politik masih berjalan dinamis. Semua komunikasi dengan partai politik dan berbagai saluran dijalankan,” kata Andra Soni yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Banten dalam bincang dengan host Ikhsan Ahmad (Pengamat Kebijakan Pulbik) di BantenPodcast yang dikutip MediaBanten.Com, Selasa (21/5/2024).

Andra Soni mengatakan, Provinsi Banten yang kini berumur 24 tahun ternyata masih belum memenuhi harapan para pendiri provinsi in, yaitu mendekatkan pusat kemakmuran kepada masyarakat.

Setelah Provinsi Banten didirikan dan pemerintah daerah terbentuk dan berjalan, cita-cata pendirian Banten itu sendiri masih jauh dari target.

Padahal Banten menduduki posisi keenam terbanyak dan besaran APBD-nya menempatkan posisi kelima terbesar di Indonesia. Target yang belum tercapai antara lain infrastruktur yang tidak merata, kemiskinan biasa maupun ekstrem.

“Kita tidak boleh menutup mata soal tersebut. Selam saya jadi Ketua DPRD Banten, hal tersebut banyak terungkap dalam rapat-rapat maupun sidang,” katanya.

Sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Banten, Andra Soni merasa lega karena menyelesaikan tugasnya dalam Pilpers dan Pileg. Dalam Pilpers, suara Prabowo meraih 55 persen lebih di Banten.

“Sedangkan di Pileg, saya pribadi kembali lolos menjadi anggota dewan untuk ketiga kalinya. Jadi tugas-tugas itu baru diselesaikan,” katanya.

Dia membenarkan, peroleh suara Partai Gerindra mengalami penurunan dan dapat 14 kursi, turun dibandingan sebelumnya.

“Saya harus memberanikan diri untuk tampil Pilkada. Tampil tentu harus berkoordinasi dengan pimpinan, masin panjang perjalanannya. Mendeklarasikan diri sebagai Calon Gubernur Banten, tapi nomor satu atau nomor dua itu belum saya jawab sekarang,” katanya.

“Pantas atau tidak terserah masyarakat, tetapi sebagai pimpinan partai di daerah saya harus berani. Saya sudah tiga kali jadi anggota dewan. Saya harus memberikan kesempatan kepada yang lain, saya harus berkembang lebih jauh,” tambahnya.

Dia membenarkan bahwa belum pernah ikut konstestasi Pilkada. “Pengalaman saya menjadi ketua pemenangan Pilkada, meski pun kalah. Dari pengalaman itu, banyak faktor yang sering tidak dihitung dalam meraih pemenangan dalam Pilkada,” katanya.

Tetapi Partai Gerindra memiliki modal dasar yang kuat, yaitu punya 55 anggota dewan yang terpilih dan masih punya 76 anggota yang masih menjabat di luar DPR RI.

“Kami sudah terlatih yang merupakan modal dasar termasuk pembenteukan tim sukses. Modal dasar 14 kursi untuk membangun komunikasi,” katanya.

Semua calon kepala daerah ingin menjadi pembaharu atau aktor untuk mebmangun sebuah daerah. “Intinya, niat saya adalah bagaimana bisa menjadi bagian dalam kemajuan Provinsi Banten masa medatang, salah satunya menawarkan menjadi calon gubernur,” katanya.

“Saya belum mengambil formulir dari partai mana pun, bahkan di Partai Gerindra. Karena di partai kami tidak ada penyediaan formulir, tapi kami sudah menyampaikan ke dewan pengurus pusat bahwa saya akan mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Gubernur Banten,” katanya.

Sebagai Ketua DPD Partai Gerindra, dia menodorong kadernya yang berpotensi untuk ikut Pilkada. Misalnya di Kota Serang ada Budi Rustandi (Ketua DPRD Kota Serang) yang maju sebagai Calon Walikota Serang. Sedangkan di Kota Cilegon ada Heldy Agustian yang saat ini masih menjabat Walikota Cilegon.

Untuk Provinsi Banten, maka dia memberanikan diri untuk maju. “Ngapain saya masuk partai politik kalau saya tidak berani mencoba untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur Banten. Ini Pilkada. Kalau dalam Pileg, saya sudah membuktikan diri 3 kali terpilih sebagai anggota dewan, apakah ini linear dengan Pilkada,” ujarnya.

Misalnya apakah saya dikenal? Di partai Gerinda, iya saya terkenal. Tapi di luar partai, harus didongkrak. Tingkat keterkenalan saya memang nama saya ada, tapi tidak signifikan. Maka tugas saya adalah memaksimalkan peran kader terutama untuk menyiarkan informasi bahwa kader gerinda akan maju dala Pilkada. (BantenPodcast)

Editor Iman NR

Silahkan disimak di bawah ini;

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button