Aneh Tapi Nyata, Basarnas Selamatkan Nyawa Kucing

Multitalenta dan penyayang hewan, dimiliki oleh Basarnas. Bagaimana tidak, selain jago mencari dan menyelamatkan jiwa manusia, tim berjubah oranye itu juga menyelamatkan kucing kampung yang terperosok ke gorong-gorong di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Anak kucing kampung itu terpeleset ke dalam gorong-gorong, lewat lubang pembuangan air. Satpam yang mengetahui ada hewan ini terjebak, kemudian melapor ke Basarnas.

“Kami dapat laporan dari pihak ASDP, meminta evakuasi kucing di dalam gorong,” kata koordinator unit Basarnas Merak, Fery Krisna, saat dikonfirmasi melalui pesan elektroniknya, Sabtu (27/02/2021).

Saat diselamatkan, badan anak kucing itu kotor, hitam. Kemudian dimandikan oleh Basarnas yang juga penyayang kucing.

“Setelah bersih, dilepaskan ditempat yang aman,” jelasnya.

Hal tak terduga itu terjadi Jumat siang, 26 Februari 2021, di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Basarnas Banten harus menunggu kendaraan yang keluar dan masuk kapal selesai dulu.

Setelah sepi dan aman dari lalu lalang kendaraan, penutup gorong-gorong dari besi kemudian di angkat. Satu orang personil Basarnas pun turun dan masuk kedalam gorong-gorong tersebut.

“Evakuasi kucingnya nunggu bongkaran selesai dulu. Penutup gorong-gorong nya kita buka dulu, ada anggota yang masuk kedalam gorong-gorong,” terangnya.

Biasanya Basarnas lebih banyak diberitakan penyelamatan orang atau peristiwa besae. Misalnya Pencarian pesawat Sriwijaya Air yang diperkirakan hilang di perairan Kepulauan Seribu, melibatkan Basarnas Banten. Mereka telah bersiap untuk membantu proses pencarian dan berangkat melalui jalur laut.

Karena melalui jalur laut, mereka akan melihat kondisi cuaca dan ombak. Jika tidak memungkinkan, Basarnas Banten akan berangkat esok hari, Ahad, 10 Januari 2021.

“Terkait kecelakaan pesawat Sriwijaya Air, sesuai arahan pimpinan kita menggerakkan personil. Insha Allah sedang persiapan, kalau memungkinkan hari ini berangkat, kita berangkat,” kata Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin, Sabtu (9/1/2021)

(Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait