Basarnas Bersiaga Dari Pelabuhan Merak Hingga Wisata

Basarnas akan bersiaga mulai Pelabuhan Merak hingga kawasan wisata di Banten. Mengingat, BMKG memprediksi saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), akan di guyur hujan berintensitas ringan hingga deras, dan gelombang tinggi yang mencapai empat meter.

Puncak libur Nataru diprediksi akan terjadi pada tanggal 21-28 Desember 2019. Kemudian pada 05 Januari 2020.

“Kami Basarnas bertugas di sekitar angkutan Nataru hingga kawasan wisata strategis. Personel dan peralatan telah siaga,” kata Kepala Basarnas Banten, Zaenal Arifin, Rabu (18/12/2019).

Zaenal mengatakan, ketersediaan peralatan, personel hingga respon time sangat diutamakan dalam operasi SAR. Ini pesa dari Kepala Basarnas Pusat, Marsekal Madya Bagus Puruhito.

Begitu pun jajarannya harus selalu menjaga koordinasi yang baik, dengan potensi SAR yang ada di Banten, baik TNI, Polri, hingga BPBD.

“Performance alut, petugas Basarnas, kesiapan, kebersihan peralatan merupakan salah satu faktor kesiapsiagaan pelayanan SAR,” terangnya.

Zaenal pun menyampaikan kepada seluruh personil Basarnas Banten, agar mengutamakan pelayanan SAR kepada masyarakat selamat Nataru dan bersedia untuk sementara waktu tidak kumpul dengan keluarga saat libur panjang nanti.

“Semua petugas agar tetap semangat, jaga kesehatan, dan selalu ingat bahwa tugas kita merupakan tugas kemanusiaan,” jelasnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait