Cara Unik Sosialisasi Keselamatan dan Pengaturan Lalu Lintas Polda Banten

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten, memiliki cara yang unik dalam memberikan sosialisasi tentang keselamatan berkendara di jalan raya kepada para siswa tingkat SMA/SMK di Banten. Para siswa, diadu dalam lomba melukis, fotograpi ini terkait aturan-aturan dan tata tertib berkendara di jalan raya.

Acara lomba melukis dan fotographi yang diikuti generasi millenial ini dilaksanakan di Alun-alun Barat Kota Serang. Dalam acara perlombaan ini juga ditampilkan 20 grup band anak generasi millenial Banten.

Wadirlantas Polda Banten AKBP Maesa Soegriwo mengatakan, pelaksanaan lomba melukis dan fotographi yang melibatkan generasi millenial ini merupakan rangkaian acara Millenial Road Safety Festival (MRSF) yang puncaknya akan digelar pada 23 Maret 2019. Maesa mengatakan sebelumnya juga telah dilaksanakan lomba cerdas cermat tingkat SLTA se Provinsi Banten tentang aturan dan tata tertib berlalulintas.

“Lomba melukis dan fotographi ini dalam rangka untuk puncak acara bulan Maret nanti. Kami sasar kepada generasi millenial yang berusia 18 sampai 35 tahun karena sebagai penyumbang terbesar dalam angka kecelakaan. Pemenang dari lomba ini akan ditampilkan pada puncak MRSF Maret mendatang,” kata Maesa kepada wartawan, Senin (18/2/2019).

Mantan Kapolres Demak ini berharap melalui kegiatan MRSF ini, para remaja yang masih berstatus sebagai siswa tingkat SMA/SMK atau mahasiswa di Banten agar lebih menyadari tata tertib dan aturan dalam berlalu lintas. Sebab, anak-anak remaja tercatat menjadi korban yang rentan akan kecelakaan di jalan raya. “Kita tekankan, minimal mereka punya pengetahuan di bidang lalu lintas. Sehingga di jalan bisa memahami semua aturan-aturanya,” tutur Maesa.

Selain untuk wawasan pribadi, ia juga mendorong siswa yang telah mengetahui aturan-aturan berlalu lintas, agar memberikan pemahaman dan mengajak rekannya yang lain supaya lebih menyadari pentingnya tertib saat berkendara di jalan raya.

“Mudah-mudah dia bisa menyampaikan ke yang lain. Rencananya kami juga akan menggelar kegiatan ini secara rutin. Selain memang pencanangan Korlantas Polri, antusiasme para siswa dan masyarakat lainnya juga sangat tinggi menyambut kegiatan ini,” ucapnya.

Dirlantas Polda Banten melakukan cara unik untuk menyosialisasikan keselamatan lalu lintas, yaitu melalui cerdas cermat. Foto: Yono

Baca: Polda Gelar Kesehatan Gratis di Tiga Tempat di Banten

Pengaturan Pusat Keramain

Sementara itu, siaran pers dari Humas Polda Banten menyebutkan, Satuan Disampta Polda Banten melaksanakan pengaturan lalu liintas pagi di beberapa pusat keramaian, pukul 06.00 WIB. “Kegiatan lalu lintas tidak saja menjadi tugas pokok anggota kepolisian di Satuan lalu lintas. Kita dibagian Ditsamapta menjadi tugas penting buat mengatur jalanan, apalagi menyebrangi anak-anak yang hendak ke sekolah,” kata Dirsamapta Polda Banten Kombes Pol Jondrial.

Kabid Humas AKBP Edy Sumardi dalam siaran persnya mengatakan, sebanyak 12 personel yang diturunkan dari satuan Ditsamapta Polda Banten dalam melaksanakan kegiatan mengatur lalulintas di pagi hari ini. Beberapa titik lokasi menjadi pusat untuk pengaturan lau lintas pagi ini, yaitu depan Perumahan Citra Gading, depan Perumahan Serang Hijau, Rumdin Kalimaya, simpang Cipocok dan di SD Cipocok.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan ini supaya dpat tercipta Kamseltibcarlantas dengan cara mengatur kendaraan yang keluar masuk perumahan citra gading dan perumahan serang hijau,” kata Edy.

Dalam kegiatan ini anggota melaksanakan pengaturan sesuai plotingan yang ada. Selama giat pengaturan tidak ditemukan kecelakaan dalam berlalu lintas. Hasil dari kegiatan ini sendiri dapat terwujudnya ketertiban dalam berkendaraan. (yono /Siaran Pers Humas Polda Banten)

Berita Terkait