Militer

Danpasmar 2 Lepas Latihan Lintas Medan, Yonranratib Rawat Ranpur

Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2, Brigjen TNI (Mar) Suherlan melepas keberangkatan peserta latihan lintas medan di titik Start Kedai Kopi Kuripansari Trawas Mojosari, Kamis (21/10/2021)

Setelah melepas peserta, Komandan Pasmar 2 dengan di dampingi Asintel Danpasmar 2 Kolonel Marinir Teguh Santoso, Asops Danpasmar 2 Kolonel Marinir Bakti Dasasasi Penanggungan dan Aslog Danpasmar 2 Kolonel Marinir Pujiono, dilanjutkan dengan melaksanakan latihan lintas medan hingga finis di Dusun Sembung, Desa Celaket, Kecamatan Pacet.

Sebelum melepas peserta lintas medan Danpasmar 2 mengatakan kepada seluruh peserta agar melaksanakan latihan ini dengan penuh semangat, jaga kekompakan dan jaga keselamatan diri serta selalu gembira selama di perjalanan.

Harwat Ranpur

Prajurit Fighter Sejati Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan pemeliharaan dan perawatan berbagai kendaraan termpur (Ranpur), di antaranya LVT 7-A1 dan BTR 50 PK. Kedua Ranpur ini akan terlibat dalam latihan operasi pertempuran kota / Mout TA 2021.

Kegiatan penyiapan Ranpur dilaksanakan di Garasi Ranpur Yonranratfib 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung Ujung, Surabaya, Kamis (21/10/2021).

Salah satu tank amfibi yang tengah dilakukan perawatan. Foto: Dispenkomar

Harwat Ranpur merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh prajurit sebagai bentuk kinerja dalam menyiapkan kendaraan tempur untuk selalu siap dalam melaksanakan tugas setiap saat, terlebih menghadapi latihan.

Baca Juga:   Peringati Hari Jadi Ke-57, Yonbekpal 2 Mar Gelar Berbagai Acara

Harwat Ranpur dilaksanakan secara maksimal meliputi semua komponen di dalam Ranpur, di antaranya pengecekan kondisi fisik mesin, mengatur kekencangan rantai, batas maksimal oli, alkom radio, kelistrikan, sistem kemudi dan lain-lainnya.

Di sela-sela kegiatan, Komandan Yonranratfib 2 Mar Letkol Marinir Kuswandi menyampaikan, dalam hal harwat Ranpur memang sudah rutin dilaksanakan oleh prajurit setiap harinya.

“Saya tekankan khususnya untuk saat ini kita semua harus lebih meningkatkan penyiapan Ranpur sebagai bentuk tanggung jawab untuk memastikan kembali kesiapan tempur kita baik kesiapan personel terutama Ranpur kita untuk siap diterjunkan ke daerah latihan dalam rangka Lat Ops Pur Kota/Mout TA. 2021 yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat,” katanya.

Dengan akan dilaksanakannya Lat Ops Pur Kota/Mout TA. 2021, ini merupakan kesejahteraan bagi prajurit untuk membina kemampuan prajurit dalam rangka meningkatkan kualitas tempur satuan menghadapi tugas di masa mendatang.

Baca Juga:   Kadislaikmatal AL Terima Brevet dan Warga Kehormatan Kav 2 Marinir

Maka laksanakan peyiapan Ranpur dengan serius dan sebaik-baiknya agar dalam mobilitas dan manuver Ranpur pada saat pelaksanaan latihan nantinya dapat berjalan sesuai rencana dan perintah yang diberikan oleh Komando atas.

“Selama pelaksanaan perawatan dan pemeliharaan Ranpur tetap patuhi protokol kesehatan tentang pencegahan penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Munawir Menkav 2 Mar / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button