Dika, Atlet Taekwondo Pelajar Asal Lebak Kembali Torehkan Prestasi

Muhammad Dika Aprian Muharam atau dipanggil Dika, atlet pelajar dari Kabupaten Lebak kembali menorehkan prestasi. Setidaknya, dia meraih juara pertama pada Taekwondo Championship yang digelar di Kabupaten Lebak tanggal 21-23 Desember 2018. Sedangkan Juara Ketiga diraihnya dalam Kejuaraan Daerah Antar Club Junior IX Banten pada 17-18 November 2018.

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Taekwondo Junior IX Banten antar klub dihelat di GOR Gelanggang Generasi Muda (GGM) Pasir Ona, Kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Sabtu-Minggu (17-18/11/2018). Kejuaraan ini di ikuti oleh 374 atlit dari 45 club yang ada di Banten. Kejurda ini juga untuk menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Taekwondo Junior yang akan dihelat di GOR Popki, Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta, 13-16 Desember 2018.

Juara pertama diraih Dika pada kejuaraan Taekwondo Championship di Kabupaten Lebak. Para peserta kejuaran ini memang hanya lingkup Kabupaten Lebak, sehinga kemahirannya dalam taekwondo terlihat menonjol. Namun dalam Kejurda Antar Club Junior IX Banten, Dika meraih juara ketiga.

Sebelumnya, Muhamad Dika Aprian Muharam meraih medali emas dalam cabang olahraga Taekwondo kelas Kyorugi di bawah 48 Kg pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-IX Provinsi Banten yang digelar di Kabupaten Tangerang, 4-11 Mei 2018. Popda ke-IX ini diikuti para pelajar dari 8 kabupaten dan kota dan mempertandingkan 19 cabang olahraga, termasuk Taekwondo.

Baca: Andika Buka Kejurda Futsal Piala Gubernur Banten

Medali emas yang diraih Dika itu melangkapi perolehan medali dari Tim Altet Taekwondo Kabupaten Lebak. Hingga Rabu (9/5/2018), tim atlet Taekwondo Lebak menorehkan tiga emas dan empat perunggu. Perolehan medali itu berasal dari medali emas masing-masing Muhammad Dika Muharam (Kyorugi di bawah 48 Kg), Ragil (Kyorugi putri di bawah 52 Kg) dan Heni (Kyorugi di bawah 49 Kg).

Sedangkan medali perunggu disumbangkan oleh Arin (Kyorugi di bawah 42 Kg), Ardi (Kyorugi di bawah 55 Kg), Maya dan Lutfi (Poomsae – jurus campuran putra) serta Maya, Ajeng dan Zakaria (Poomsae-jurusan campuran).

Dika yang berumur 17 tahun kini bersekolah di SMAN 3 Rangkasbitung. Dika berasal dari Kampung Baros, Desa Kadagung Barat, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak. Dia anak dari Engkos Kosasih dan Neneng Suniarti.

Dika tumbuh dari keluarga guru yang sederhana. Dika dibesarkan dengan penuh kegigihan keluarga yang menginginkan anaknya menorehkan prestasi demi prestasi. Motivasi ini yang membuat Dika berdisiplin sebagai pelajar sekaligus atlet Taekwondo. Dengan perolehan medali emas ini, Dika berharap bisa mengibarkan nama Banten di kancah nasional untuk cabang olahraga Taekwondo. (IN Rosyadi)