DLH Kota Serang Buat Sistem Informasi Lingkungan Hidup

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang akan membuat aplikasi sitem informasi lingkungan hidup atau Siherang.

Hal itu dikatakan Kepala DLH Kota Serang, Ipiyanto saat ditemui usai menerima kunjungan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, di TPSA Cilowong, Taktakan, Kota Serang, Kamis (30/1/2020).

“Sekarang kita sedang menyusun programnya dan nama aplikasi tersebut adalah “Siherang” yang berarti Sistem informasi lingkungan hidup. Dan nanti kita akan buat Website juga,” katanya.

Ipiyanto mengatakan, nantinya aplikasi tersebut akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan akses informasi terkait jumlah sampah, kondisi TPA Cilowong, dan cara penanganan sampahnya.

Selain itu, rencananya aplikasi Siherang ini tidak hanya memberi informasi mengenai sampah semata. Melainkan memberikan pula informasi kaitan dengan proses SPPL, UKL, UPL, dan Amdal.

Ipiyanto membeberkan, mengenai pelayanannya, semua akan terakomodir dalam satu aplikasi tersebut. Termasuk pengujian emisi, dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat Kota Serang.

“Dari aplikasi tersebut bisa mengetahuinya. Kemungkinan kita akan berkoordinasi dengan Kominfo untuk aksesnya,” ungkap Ipiyanto.

Kenditi demikian kata dia, pihaknya masih mempertimbangkan terlebih dahulu, sejauh mana pentingnya aplikasi itu dibuat. “Paling tidak, saya sebagai Kepala DLH hanya berupaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait kondisi di DLH,” katanya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait