Gempa 5,3 M di Sumur, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bermagnitudo (M) 5,3 dirasakan di Sumur, Provinsi Banten. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan lewat akun Twitternya, gempa terjadi pada Rabu (26/8/2020) pukul 06:27:57 WIB. Lokasi gempa berada di 6,71 lintang selatan (LS) dan 104.57 bujur timur (BT).

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG dalam akun Twitter resminya.Lokasi pusat gempa ada pada jarak 112 km barat daya Sumur, Banten. Pusat gempa terletak pada kedalaman 10 km.

Gempa dirasakan pada skala IV MMI di Labuan. Gempa dirasakan pada Skala II MMI di Pandeglang.

Baca:

Pada skala Modified Mercalli Intensity (MMI) gempa dirasakan MMI IV di Labuan, artinya, dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Sedangkan skala II, artinya Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga berita ini dimuat, belum ada laporan tentang kerusakan dari daerah Labuan (Kabupaten Pandeglang) dan Bayat (Kabupaten Lebak).

Peristiwa gempa di daerah Banten Selatan paling sering terjadi. Misalnya Gempa kembali terjadi di daerah Banten Selatan, tepatnya di Bayah, Kabupaten Lebak. Gempa terjadi pukul 07.04. Gempa berkekuatan 5,1 magnitudo. Demikian disiarkan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (14/7/2020) (Baca: Gempa 5,1 M di Bayah Akibat Pergerakan Lempeng Indo-Australia)

Lokasi pusat gempa barada di laut, tepatya 18 km barat daya Bayah. Titik koordinat pusat gempa ada di 6.97 Lintang Selatan, 106.09 Bujur Timur. “Kedalaman 81 km dirasakan (MMI) II Bayah, II Panggarangan,” kata BMKG.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BKMG, Rahmat Triyono mengatakan, gempa ini dirasakan oleh penduduk setempat. Namun gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Rahmat menjelaskan, pada Selasa, 14 Juli 2020, pukul 07.04.34 WIB, wilayah Samudra Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0. Episenter gempa terletak pada koordinat 6,96 LS dan 106,08 BT. (Rivai Ikhfa)

Berita Terkait